Share

Kejari Sidoarjo Selidiki Penyalahgunaan Keuangan Negara Lewat Fasilitas Kredit Sebesar Rp200 Miliar

Tim Okezone, Okezone · Kamis 21 Juli 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 519 2633952 kejari-sidoarjo-selidiki-penyalahgunaan-keuangan-negara-lewat-fasilitas-kredit-sebesar-rp200-miliar-5aRmEvO63e.JPG Kejari Sidoarjo/ Foto: Tangkapan layar

JAKARTA - Kejaksaan Negeri Sidoarjo melkukan penyelidikan terhadap adanya dugaan penyalahgunaan keuangan negara pada pemberian fasilitas kredit investasi refinancing oleh salah satu bank nasional ke PT Blauran Cahaya Mulya pada tahun 2014 sebesar Rp200 miliar.

"Per tanggal 20 Juli 2022 telah ditingkatkan ke tahap penyidikan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo Akhmad Muhdhor dalam keterangannya, Kamis (21/7/2022).

 BACA JUGA:Ajak Istri dan Anak, Pelaku Curi Motor di Penjaringan

Selain itu, Kejari Sidoarjo juga menangani berbagai kasus lainnya, yaitu melakukan penyelidikan dugaan penyalahgunaan keuangan negara pada pengadaan pakaian seragam di Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun Anggaran 2019.

Lalu, penyalahgunaan keuangan negara dalam proses ganti rugi tanah kas Desa Gempolsari di Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo yang terkena dampak luapan lumpur Lapindo Tahun 2013.

 BACA JUGA:5 Pemain Bulu Tangkis Top yang Pernah Banting Raket Mahalnya, Nomor 1 Baru Juara Singapore Open 2022

"Dan per tanggal 20 Juni 2022 telah ditingkatkan ke tahap penyidikan berdasarkan surat perintah penyidikan kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo dan telah menetapkan 9 orang tersangka," ujarnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Kesembilan tersangka tersebut berinisial ABH, MDK, SP, KK, SH, SP, YK, SA, dan SYA, yang mempunyai peran masing-masing dalam proses penggantian ganti rugi dari PPLS terhadap bidang tanah yang terdampak Lumpur Lapindo.

 BACA JUGA:Wagub DKI: Kebocoran Pipa Gas PGN di Cawang Akibat Human Error

Kemudian, Kejari Sidoarjo juga melakukan penyidikan dugaan penyalahgunaan keuangan negara pada pengadaan pakaian dinas harian warna khaki di Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun Anggaran 2019.

"Selain itu juga penyidikan dugaan penyalahgunaan keuangan negara pada pengadaan pakaian dinas harian hari Jum’at di Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo Tahun Anggaran 2019," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini