Share

Misteri Cahaya Merah Muda di Langit Australia, Ternyata Berasal dari Ladang Ganja

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 23 Juli 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 18 2634978 misteri-cahaya-merah-muda-di-langit-australia-ternyata-berasal-dari-ladang-ganja-g9byPKKfzN.jpg Misteri cahaya merah muda di langit Australia (Foto: Nikea Champion)

AUSTRALIA - Ketika cahaya merah muda menerangi langit malam di atas sebuah kota Australia pada Rabu (20/7/2022), banyak warga lokal tercengang dan bertanya cahaya apa itu gerangan?

Salah satu warga lokal Tammy Szumowski bertanya-tanya apakah kiamat telah tiba. "Saya hanya menjadi ibu yang dingin dan tenang, memberi tahu anak-anak: 'Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,'" katanya kepada BBC.

"Tapi di kepalaku aku seperti, apa-apaan itu?,” ujarnya.

Ternyata setelah diselidiki, cahaya itu berasal dari ladang ganja di luar kota Mildura, di Victoria utara.

 Baca juga: Misteri Cahaya Merah & Biru di Gunung Lawu

Tapi seperti penduduk setempat lainnya yang tercengang, pikiran Szumowski awalnya mengarah ke hal yang lain. Apakah itu invasi alien? Atau sebuah asteroid?

Baca juga:  'Lubang Biru', Fenomena Langka di Tengah Pemandangan Aurora Borealis yang Spektakuler

"Ibu sedang menelepon dan Ayah di latar belakang berkata: 'Sebaiknya aku cepat-cepat minum tehku karena dunia akan berakhir,” ujarnya.

"Dan Ibu seperti: 'Apa gunanya minum tehmu jika dunia berakhir?,” lanjutnya.

Szumowski mengatakan mereka juga "tertawa". Terlepas dari kepanikan awal, dia dikejutkan oleh keindahan pertunjukan cahaya.

"Saya rasa itu hebat - mereka harus melakukannya lebih sering,” ujarnya.

Warga lokal lainnya, Nikea Champion, pertama kali mengira itu adalah Bulan merah yang sangat terang - sebelum menyadari bahwa cahaya itu berasal dari tanah.

"Semua skenario akhir dunia ini terlintas di kepala saya," katanya kepada BBC.

"Saya mengalami momen Stranger Things yang besar - saya seperti, Vecna? Apakah itu Anda?" ujarnya, merujuk pada penjahat dari serial TV.

"Saya tertawa terbahak-bahak itu bisa menjadi sesuatu yang jauh lebih keren, tetapi pada dasarnya hanya ganja medis yang membuat cahaya itu,” ujarnya.

Sementara itu, juru bicara pabrikan ganja Cann Group mengungkapkan pada Rabu (20/7/2022) mereka tidak bekerja,

Namun karena itu adalah malam yang mendung, lampu-lampu itu menciptakan "matahari terbenam dengan steroid" yang dapat terlihat hampir satu jam dari fasilitas tersebut.

Seperti diketahui, ganja obat dilegalkan di Australia pada 2016, tetapi penggunaan narkoba untuk rekreasi dilarang.

Sejak itu, sekitar 260.000 resep telah disetujui oleh regulator Australia untuk berbagai penyakit.

Menurut data dari Departemen Kesehatan Australia, alasan paling umum untuk resep itu adalah rasa sakit kronis, diikuti oleh kecemasan dan gangguan tidur.

Jumlah resep yang disetujui meningkat dua kali lipat sejak 2019, dengan mayoritas permohonan berasal dari negara bagian Queensland. Tetapi tuduhan kepemilikan tetap tinggi, dengan 71.151 orang dituntut karena kejahatan terkait ganja pada 2018-19.

Terdapat beberapa fasilitas penanaman ganja dan lokasi mereka sangat rahasia untuk alasan keamanan.

Lampu berwarna kemerahan digunakan untuk membantu tanaman tumbuh. Biasanya, tirai pemadaman turun saat senja.

Ada pertumbuhan yang stabil dalam jumlah negara yang melegalkan penggunaan ganja dalam beberapa bentuk sejak pergantian milenium.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS), sekitar 38 negara bagian telah melegalkan penggunaan ganja medis dan sekitar 48 juta orang menggunakan obat tersebut di AS pada 2019.

Obat ini juga tersedia bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu di sejumlah negara Uni Eropa, termasuk Prancis, Belgia dan Irlandia, serta di Selandia Baru.

Di beberapa negara seperti Kanada kepemilikan dan penggunaan ganja rekreasi juga legal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini