Share

Miris! Batita Alami Gizi Buruk, Orangtua Cerai dan Kerja ke Arab Saudi

Dharmawan Hadi, iNews · Jum'at 19 Agustus 2022 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 525 2650918 miris-batita-alami-gizi-buruk-orangtua-cerai-dan-kerja-ke-arab-saudi-VG8kEu2A7Y.jpg Batita di Sukabumi alami gizi buruk (Foto: MPI)

SUKABUMI - Nasib miris dialami oleh seorang anak di bawah tiga tahun (batita) di Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, yang mengalami gizi buruk. Batita tersebut dirawat oleh neneknya karena kedua orangtuanya bercerai.

Anak batita yang bernama Muhammad Sidiq Amirullah (3) sebelumnya tinggal di wilayah Kabupaten Cianjur ikut dengan ayahnya. Namun karena tidak mendapatkan perawatan yang layak akhirnya anak tersebut dibawa oleh neneknya, Aminah untuk dirawat di rumahnya di Kebonpedes Sukabumi.

"Setelah bercerai, ayahnya Sidiq tinggal di Cianjur dan ibunya pergi bekerja sebagai buruh migran di Arab Saudi. Sebelumnya kondisi Sidiq sering sakit-sakitan bahkan sempat dirawat di rumah sakit Hermina akibat gizi buruk yang dialaminya," ujar Aminah kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (19/8/2022).

Beruntung, lanjut Aminah, kondisinya sekarang berangsur membaik namun tetap masih dalam pengawasan rumah sakit yang mengharuskan dikontrol kesehatan secara rutin. Biaya pengobatan dan perawatan yang tinggi membebani kehidupan sehari-hari bagi Aminah yang masih belum cukup.

"Untuk BPJS Sidiq masih bermasalah, untuk itu saya meminta bantuan dari pemerintah ataupun uluran tangan dermawan untuk bisa membantu biaya pengobatan dan perawatan Sidiq dan juga untuk kehidupannya sehari-hari," tambah Aminah.

Sementara itu Kepala Desa Kebonpedes, Dadan Apriandi mengatakan bahwa sebelumnya batita malang tersebut merupakan warga Kabupaten Cianjur, akan tetapi oleh Pemerintah Desa Kebonpedes telah dibuatkan Kartu Keluarga untuk mengurus syarat administrasi.

"Kami bantu buatkan KK untuk keperluan syarat administrasi selain itu juga dalam program bantuan yang ada di pemerintahan pusat sudah kami ajukan. Kalo untuk kebutuhan pokok dan sedikit rezeki sering kami sisihkan," ujar Dadan.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Pada saat bersamaan, Kapolsek Kebonpedes, Iptu Tommy Ganhany Jaya Sakti yang mendapat laporan adanya salah satu warga di wilayahnya yang kesulitan ekonomi dan menderita gizi buruk, langsung mendatanginya yang didampingi oleh Danposramil Kebonpedes, Peltu Iwan Soleh Subekti.

"Kedatangan kami ke keluarga ibu Aminah adalah untuk menengok cucunya, Sidiq yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan. Selain memberikan semangat kepada keluarganya, kami memberikan sedikit santunan berupa sembako dan uang tunai untuk meringankan beban hidup nenek dan cucuknya yang mengalami gizi buruk tersebut," ujar Tommy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini