Share

Ratu Elizabeh II Meninggal, Duka Mendalam Terasa hingga Afrika

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 09 September 2022 06:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 18 2663895 ratu-elizabeh-ii-meninggal-duka-mendalam-terasa-hingga-afrika-GO3ECKASwQ.jpg Ratu Elizabeth II saat melakukan kunjungan ke Afrika (Foto: Reuters)

KENYA – Kabar Ratu Elizabeth II meninggal dunia mengejutkan dunia. Ratu dilaporkan meninggal pada usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Rasa kehilangan akan Ratu yang baik hati dan bijaksana juga terasa hingga ke negara Afrika.

Presiden terpilih Kenya William Ruto memuji "warisan bersejarah" dan mengatakan Kenya akan "merindukan hubungan baik yang dia nikmati dengan Kenya".

Kenya adalah tempat yang sangat istimewa bagi sang Ratu - sebagai permulaan, di sanalah ia menjadi raja. Putri muda, yang saat itu baru berusia 25 tahun, sedang berlibur di sana ketika ayahnya, Raja George VI, meninggal dalam tidurnya pada 952.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Bertemu 14 Presiden AS Selama Masa Pemerintahannya

Presiden Ali Bongo Ondimba dari Gabon, yang merupakan salah satu negara terbaru yang bergabung dengan Persemakmuran, mengatakan: "Ratu adalah teman baik Afrika dan Afrika menunjukkan kasih sayangnya sebagai balasannya."

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Putin Kirim Belasungkawa Mendalam ke Raja Charles

Presiden Ghana Nana Akufo-Addo men-tweet bahwa negaranya memiliki kenangan indah dari dua kunjungan yang dilakukan Ratu.

Dia berkomentar tentang "keramahan, keanggunan, gaya, dan kegembiraan yang dibawanya dalam menjalankan tugasnya".

Perjalanan pertamanya ke Ghana, bekas jajahan Inggris yang merdeka pada 1957, penuh kontroversial dan ada kekhawatiran akan keselamatan raja.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebelum Ratu pergi ke sana, lima hari sebelumnya, bom meledak di ibu kota, Accra. Namun Ratu tidak tergoyahkan, hal ini karena dia telah membatalkan kunjungan sebelumnya ketika dia mengandung Pangeran Andrew. Ratu pun tetap terbang ke sana.

Seperti diketahui, para pemimpin dan pejabat dunia telah memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II, yang telah meninggal pada usia 96 tahun.

Mereka menghormati rasa tanggung jawabnya yang dalam dan ketangguhannya, serta selera humor dan kebaikan Ratu.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memimpin tribute atau penghormatan, mengingat "seorang ratu yang baik hati" yang merupakan "teman Prancis".

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan Ratu telah "memikat dunia" dengan "pemerintahan yang ditentukan oleh keanggunan, keanggunan dan etos kerja yang tak kenal lelah".

"Berkali-kali, kami dikejutkan oleh kehangatannya, cara dia membuat orang merasa nyaman, dan bagaimana dia membawa banyak humor dan pesonanya ke saat-saat kemegahan dan keadaan yang luar biasa," kata Obama, yang bertemu Ratu dalam beberapa kesempatan. dalam sebuah pernyataan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini