Share

5 Makhluk Mitologi Yunani yang Memiliki Wujud Mengerikan Yuk Simak!

Alfilya Tri Maulina, Okezone · Senin 26 September 2022 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 18 2675342 5-makhluk-mitologi-yunani-yang-memilki-wujud-mengerikan-yuk-simak-Y9lGW4AxOM.jpeg

JAKARTA - Mahluk mitologis adalah Mahluk yang keberadaannya dapat diceritakan dalam kisah-kisah legenda dan juga fabel. Mahluk mitologis pada umumnya bersifat fantastis baik bentuk maupun fungsinya. Dahulu mahluk ini digunakan untuk berbagai alasan.

Ada yang dikirim untuk menyakiti dan ada juga untuk melindungi. Bentuk dari Mahluk mitologis ini bermacam-macam bahkan berupa gabungan manusia dengan hewan.

BACA JUGA: Daftar Hewan Mitologi Teraneh di Seluruh Dunia serta Kisahnya

Berikut 5 mahluk Mitologi Yunani paling mengerikan berdasarkan Wikipedia,

1. Moirai (Penguasa Takdir)

Dalam mitologi Yunani adalah tiga orang dewi takdir. Mereka mengendalikan nasib setiap manusia sejak lahir hingga mati. Mereka juga disebutkan dalam budaya-budaya yang diturunkan dari agama.

Peran moirai adalah untuk memastikan bahwa semua makhluk, baik fana maupun kekal, menghidupi takdir mereka yang telah diputuskan berdasarkan hukum semesta. Bagi makhluk fana,. Secara umum, mereka memiliki kedudukan di atas para dewa lainnya dengan peran mereka sebagai pengatur takdir, meski begitu dalam beberapa pendapat bahwa Zeus sebagai pemimpin para dewa dapat memerintah mereka dengan kekuasaannya.

BACA JUGA: Kisah Sedih Medusa, Wanita Cantik yang Dikutuk Menjadi Berambut Ular

2. Medusa

Medusa adalah salah satu makhluk mitologi Yunani paling terkenal. Medusa berwujud seorang wanita cantik dengan ular di kepalanya sebagai rambut.

Menurut mitologi, Medusa memiliki kekuatan menyebabkan siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi batu. Medusa tewas dibunuh Perseus, kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada Athena untuk ditempatkan pada perisai.

Medusa pada awalnya adalah seorang perawan cantik, dan merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun, suatu ketika ia menjalin asmara dengan Poseidon di dalam kuil Athena. Hal ini membuat Athena marah, ia pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Hydra

Hydra disebut sebagai salah satu mahkluk mitologis Yunani yang paling mengerikan. Berbentuk ular atau naga, yang memiliki sembilan buah kepala. Jika salah satu kepalanya dipotong, maka kepala tersebut akan tumbuh lagi dua buah kepala yang baru. Mahkluk ini mengeluarkan racun yang mematikan dari nafasnya.

4. Sphinx atau Sfinks

Foto: Reuters.

Sphinx memiliki wujud yang aneh dengan kepala manusia dan badan seekor singa. Sphinx juga dikenal dalam mitologi Yunani sebagai makhluk yang mengajukan teka-teki. Patung sphinx paling terkenal terdapat di Giza, Mesir. Diyakini merupakan kepala Firaun. Memiliki tinggi 3 meter dan panjang 20 meter. Melambangkan watak gagah laksana singa dan kepribadian lembut laksana bagaimana manusia.

5. Khimaira atau Chimera

Chimera adalah salah satu makhluk legendaris dari mitologi Yunani yang merupakan gabungan dari tiga hewan: ular, kambing, dan singa. Berbadan kambing, berekor ular, dan berkepala singa, tetapi beberapa cerita mengatakan kepalanya terdiri dari dua hewan kambing dan singa saja.

Mahkluk ini mampu menyemburkan api dari hidung dan mulutnya. Chimera menjadi lambang kekuatan setan. Menurut mitologi, Chimera merupakan puteri dari Tifon dan Ekhidna, dan bersaudara dengan beberapa monster dalam legenda, seperti anjing Cerberus dan Hydra dari danau

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini