Share

Patut Diacungi Jempol! Fans Jepang Bersihkan Sampah Usai Laga Pembuka Piala Dunia 2022

Nadilla Syabriya, Okezone · Selasa 22 November 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 18 2712451 patut-diacungi-jempol-fans-jepang-bersihkan-sampah-usai-laga-pembuka-piala-dunia-2022-HYJJ8pR1Zg.jpg Fans timnas Jepang mengambil sampah yang berserakan di stadion Piala Dunia 2022 (Foto: Instagram)

QATAR - Fans tim nasional (timnas) Jepang sontak menjadi sorotan saat pembukaan laga Piala Dunia 2022 di Al Khor, Qatar. Pasalnya mereka terlihat membersihkan sampah berserakan di sekitar stadion usai pertandingan Qatar melawan Ekuador.

Dalam sebuah rekaman yang diunggah akun Instagram @omr94, fans Jepang terlihat bahu membahu menyisir tribun Stadion Al Bayt untuk mengumpulkan sampah. Mereka sekaligus membantu penduduk lokal sambil membawa kantong atau wadah sampah disaat para suporter dari negara lain sudah pergi meninggalkan stadion.

Baca juga: Suhu Capai 23 Derajat Celcius, Penonton Piala Dunia Kedinginan pada Malam Pembukaan

Aksi mereka itu pun sangat dipuji sang pengunggah video yang juga muncul di rekaman tersebut. Ia benar-benar tak percaya melihat aksi bersih-bersih itu dengan mata kepalanya sendiri.

Baca juga: Kritik Piala Dunia 2022 di Qatar, Al Qaeda: Membawa Orang Tak Bermoral dan Homoseksual

“Seseorang meyakinkan saya bahwa ini normal. Fans Jepang memutuskan membersihkan stadion. Ini bahkan bukan pertandingan mereka!” kata pria yang diketahui bernama Omar Farooq itu.

“Ketika saya bertanya kepada mereka, 'Mengapa Anda membersihkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan Anda?' Jawabannya adalah, 'Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah di belakang kami. Kami menghormati tempat itu’,” tambahnya seperti dilansir Arab News Japan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Adapun pria Jepang lainnya menjelaskan bahwa mereka tidak membersihkan hanya untuk mendapatkan simpati lewat kamera, melainkan karena rasa hormat.

Ini bukan pertama kalinya fans Jepang menjadi sorotan karena kepeduliannya terhadap sampah. Sebelumnya pada 2018, para fans Jepang juga melakukan aksi yang sama di Piala Dunia. Mereka viral setelah tertangkap kamera sedang membersihkan Rostov Arena meski kala itu Timnas Jepang kalah dramatis di menit-menit akhir dari Belgia di babak 16 besar.

Setahun kemudian, mereka menunjukkan aksi berkelas itu lagi di Roazhon Park dalam gelaran Piala Dunia Wanita 2021. Mereka membersihkan semua sampah yang tersisa hingga stadion itu menjadi kinclong lagi.

Uniknya, aksi ini bukan hanya bagian dari budaya sepak bola untuk para penggemar, namun memang bagian dari budaya Jepang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini