Share

Kisah Tukang Ledeng Temukan Surat Lawas Berusia 135 Tahun dalam Botol, Apa Isinya?

Susi Susanti, Okezone · Kamis 24 November 2022 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 18 2713917 kisah-tukang-ledeng-temukan-surat-lawas-berusia-135-tahun-dalam-botol-apa-isinya-6V9Vc8fAym.jpg Tukang ledeng temukan surat dalam botol berusia 135 tahun (Foto: Peter Allan)

SKOTLANDIA - Seorang tukang ledeng tidak memercayai kedua matanya sendiri saat dia melubangi lantai di sebuah rumah di Edinburgh, Skotlandia, dan menemukan sebuah botol berisi pesan berusia 135 tahun.

Peter Allan, yang berusia 50 tahun, menemukan kapsul dari era Victoria ketika membongkar lantai tepat di tempat botol wiski yang ditelantarkan.

Dia bergegas turun untuk memberitahu pemilik rumah di daerah Morningside. Allan, pemilik jasa tukang ledeng WF Wightman Plumbing, mengatakan botol itu ditemukan di bawah kamar pembantu ketika rumah tersebut pertama kali dibangun.

Baca juga:Β 'Pesan Dalam Botol' dari Skotlandia Ditemukan Sejauh 1.287 Km di Norwegia Usai 25 Tahun Berlalu

Rumah ini ditempati ibu dua anak, Eilidh Stimpson bersama suaminya.

Baca juga:Β Β Pesan dalam Botol Berusia 40 Tahun Ditemukan di Pinggir Pantai, Isinya Masih Misterius

Allan berkata kepada BBC Skotlandia bahwa dia masih belum percaya keberuntungan dari memotong lantai tersebut yang mengarah tepat di atas botol.

"Ruang itu berukuran 3 meter x 1,5 meter dan saya harus memotong tepat di sekitar botol itu berada tanpa mengetahui lokasi persisnya. Saya masih belum bisa percaya," terangnya.

"Saya memindahkan radiator dan memotong lubang itu secara acak untuk menemukan pipa dan di situ rupanya,” lanjutnya.

"Saya mengambil botol itu dan menyerahkannya kepada Stimpson yang berada di lantai bawah sembari berkata 'Lihat apa yang saya temukan di bawah lantai Anda',” ungkapnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sementara itu, sang pemilik rumah Stimpson tak percaya sekaligus senang dengan penemuan itu. Dia juga mengatakan dua anaknya amat gembira dengan apa yang ditemukannya.

Dia memutuskan menunggu anak-anaknya yang berusia delapan dan 10 tahun pulang dari sekolah, sebelum mengambil catatan itu dari botol.

"Saat saya menjemput mereka saya bilang kalau saya punya sesuatu yang menggembirakan dan mereka katakan apakah kita bakal makan hot dog dan minum teh?',” terangnya kepada BBC Skotlandia:

"Mereka menebak-nebak, lalu saya bilang ke mereka sebuah pesan di dalam botol telah ditemukan di rumah kita dan mereka benar-benar senang. Mengira bahwa itu mungkin harta karun,” lanjutnya.

Ketika mereka tiba di rumah, mereka mati-matian berusaha mengeluarkan catatan itu dengan pinset dan tang. Tapi kertas itu jadi sedikit robek.

Stimpson pun tidak punya pilihan lain selain harus menghancurkan botol itu demi membaca surat itu. Jadi dia mengambil palu dan menghancurkan botol itu.

"Kita semua berkumpul dan mengarahkan lampu ke sana. Kita akan membaca surat itu, pasti mengasyikkan,” ujarnya.

Surat catatan itu ditandatangani dan diberi tanggal oleh seorang pekerja pria. β€œJames Ritchie dan John Grieve membangun lantai ini, tapi mereka tidak minum wiski. Tanggal 6 Oktober 1887,” bunyi surat itu.

"Saya merasa tidak enak memecahkan botol berusia 135 tahun itu, tapi itu adalah satu-satunya cara untuk mengetahui isi pesan tersebut. Saya menyimpan semua pecahan botol itu di wadah Tupperware,” lanjutnya.

Sejak penemuan botol itu pada Senin (21/11/2022), kolega keluarga ini melihat data sensus pada 1881 dan menemukan nama laki-laki yang tinggal hanya beberapa kilometer di wilayah Newington.

Seorang kurator di Perpustakaan Nasional Skotlandia meminta keluarga itu agar menyimpan catatan tersebut di buku saku yang bebas asam.

"Saya telah memesan beberapa buku saku dan berpikir untuk membingkai catatan itu dengan pecahan botol. Karena itu adalah hal yang indah untuk dimiliki,” ujarnya.

Dia kemudian melanjutkan bahwa mereka akan meletakkan sebuah botol berisi pesan baru dari keluarga tersebut beserta transkrip catatan sebelumnya, untuk ditaruh kembali ke lubang itu sebelum ditutup.

"Membayangkan botol itu berada di sana dalam waktu yang lama dan mungkin selamanya di sana, sungguh menakjubkan. Bukan hanya dari tahun 70-an, tapi jauh lebih dari itu, sangat keren pastinya,” tambahnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini