Share

Bupati Zukri Resmi Gelar Musabaqah Tilawatil Quran ke-20 Tingkat Kabupaten Pelalawan

Agustina Wulandari , Okezone · Rabu 30 November 2022 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 340 2718009 bupati-zukri-resmi-gelar-musabaqah-tilawatil-quran-ke-20-tingkat-kabupaten-pelalawan-oUlsHsqh4h.JPG Bupati Zukri gelar MTQ ke-20 tingkat Kabupaten Pelalawan. (Foto: dok Pemkab Pelalawan)

UKUI - Bupati Pelalawan H. Zukri Buka Secara Resmi Musabaqah Tilawatil Quran ke-20 Tingkat Kabupaten Pelalawan 2022 di Desa Trimulya Jaya, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Senin (28/11/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Pelalawan H. Zukri, Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin, Sekda Pelalawan T. Mukhlis, Anggota DPR Provinsi Riau Sewitri, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, Ketua LPTQ Provins Riau, Kepala Kemenag Kabupaten Pelalawan, Kabag Kesra Kabupaten Pelalawan, Ketua MUI Kabupaten Pelalawan, Camat se-Kabupaten Pelalawan, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Ukui, tokoh-tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Camat Ukui dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih yang tak terhingga kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan yang telah memberikan kepercayan kepada Kecamatan Ukui menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan MTQ ke-20 tingkat Kabupaten Pelalawan 2022.

Ia juga mengharapkan dukungan dan doa dari semua pihak agar pelakasanaan MTQ ini berjalan aman dan lancar sehingga dapat melahirkan generasi muda yang berprestasi, sumber daya manusia yang unggul dan qurani menuju Pelalawan maju.

Sementara itu, Bupati Pelalawan melalui sambutannya juga menyampaikan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT karena bisa melaksanakan kegiatan MTQ ke-20 tingkat Kabupaten Pelalawan 2022.

“Maka pada kesempatan yang berbahagia ini saya Bupati Pelalawan mengajak semua yang hadir benar-benar memahami makna MTQ dan betul-betul bisa kita terjemahkan di kehidupan sehari hari,” ucapnya.

MTQ, lanjutnya, bukanlah hanya sekedar perlombaan saja tapi MTQ adalah merupakan bentuk rasa cinta bahwa kita memuliakan Al-Qur’an. Bagaimana Al-Qur’an dapat menjadi kompas, penerang, rujukan kehidupan, menata kehidupan sosial, menjaga hubungan baik antara sesama, bagaimana kita mengasihi, memperhatikan fakir dan miskin.

“Salah satu contoh perintah Allah didalam Al-Qur’an yakni mengeluarkan zakat. Kemudian bupati juga menambahkan dibidang ekonomi dan politikpun diatur dalam Al-Qur’an. Pemimpin yang adil diatur oleh Al-Qur’an, maka kalau kita berpegang teguh dan menjadikan Al-Qur’an sebagai rujukan InsyaAllah negeri ini akan diturunkan keberkahan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Bupati Zukri juga melalui MTQ ini berharap akan melahirkan sumber daya manusia yang belandaskan Al-Qur’an dan berakhlak karimah, maka momen MTQ ini benar-benar harus kita manfaatkan sebagai instropeksi dan mengevaluasi ke depannya.

Foto: dok Pemkab Pelalawan


“Artinya apa sebenarnya peran MTQ ini sesungguhnya hanya cuma mengahsilkan Hafiz - Hafizah? menghasilkan Qori - Qoriah? apakah kita cuma menghasilkan Mufasil dan Mufasilu saja? Kita berharap bukan cuma itu saja MTQ juga dapat menggali tentang Al-Qur’an dan bagaimana Al-Qur’an benar-benar menjadi petunjuk didalam kehidupan kita sehari-hari, itu yang lebih penting,” tuturnya.

Pembukaan MTQ ke-20 tingkat Kabupaten Pelalawan malam tadi dihadiri oleh Qori internasional yang bersuara merdu Syekh Rajif Fandi asal Aceh dan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati dan Wakil Bupati, Sekda dan Ketua DPRD Pelalawan, serta Kejaksaan dan pewakilan Polres Pelalawan.

Pada kegiatan MTQ ke-20 tingkat Kabupaten Pelalawan 2022 ini diikuti sebanyak 487 orang orang peserta. Pada kegiatan MTQ ini Bupati Pelalawan H. Zukri juga melepas kegiatan pawai ta'ruf, Membuka kegiatan bazar MTQ, dan melantik para dewan hakim yang dilaksanakan sore hari sebelum dilakukannya acara pembukaan MTQ ke-20 tingkat Kabupaten Pelalawan 2022.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini