Share

Kunjungan Utusan Khusus AS untuk LGBTQI+ ke Indonesia Dibatalkan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 02 Desember 2022 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 18 2719580 kunjungan-utusan-khusus-as-untuk-lgbtqi-ke-indonesia-dibatalkan-9ehm8AuBXE.jpg Foto: ist.

JAKARTAAmerika Serikat (AS) membatalkan rencana kunjungan Utusan Khusus untuk LGBTQI+ Jessica Stern ke Indonesia, yang telah memicu kontroversi dan reaksi dari berbagai pihak.

Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim mengatakan bahwa kunjungan Utusan Khusus Stern ke Indonesia bertujuan mendorong dialog tentang hak asasi manusia, toleransi, dan keragaman, termasuk terkait dengan kelompok LGBTQI+. Namun, setelah melakukan diskusi dengan Pemerintah Indonesia, AS memutuskan membatalkan kunjungan Stern.

BACA JUGA: Utusan Khusus AS untuk LGBTQI+ Akan Kunjungi Indonesia, Ini Tanggapan Kemlu RI

“Walaupun kami menantikan untuk melanjutkan dialog dengan para pemimpin keagamaan, pejabat pemerintah, dan anggota masyarakat tentang topik penting untuk memastikan penghormatan terhadap hak asasi manusia LGBTQI+, setelah berdiskusi dengan rekan-rekan kami di pemerintah Indonesia, kami telah memutuskan untuk membatalkan Kunjungan Utusan Khusus Stern ke Indonesia,” kata Dubes Sung Kim melalui pernyataan pers perwakilan diplomatik AS di Indonesia, Jumat, (2/12/2022).

Dubes Kim mengatakan bahwa dialog diperlukan untuk mendorong toleransi karena orang-orang LGBTQI+ di seluruh dunia mengalami tingkat kekerasan dan diskriminasi yang tidak proporsional. Menurutnya, AS dan Indonesia dapat saling belajar mengenai cara melawan kebencian dan memastikan masyarakat yang lebih sejahtera dan inklusif untuk semuanya.

BACA JUGA: MUI Tolak Kunjungan Utusan Khusus AS untuk LGBTQI+ ke Indonesia

Sebelumnya, rencana kunjungan Utusan Khusus Jessica Stern telah memicu reaksi dari berbagai pihak. Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) mengatakan bahwa LGBTQ+ tidak sesuai dengan budaya dan tradisi Indonesia, sementara Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyatakan penolakan terhadap kedatangan Stern karena alasan serupa.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini