Share

Erina Dipingit, Kaesang Hadiri Gladi Bersih Akad Nikah Sendiri

Erfan Erlin, iNews · Selasa 06 Desember 2022 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 510 2721515 erina-dipingit-kaesang-hadiri-gladi-bersih-akad-nikah-sendiri-UXTA2qyUe6.jpg Gladi besih pernikahan Kaesang - Erina/Foto: Erfan Erlin

YOGYAKARTA - 4 hari menjelang akad nikah pernikahan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pengarep dengan Erina Gudono, panitia berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Selasa (6/12/2022) siang mereka menggelar gladi bersih di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, tempat akad nikah nanti.

Dalam gladi bersih ini dihadiri oleh semua peraga utama yang akan mengikuti akad nikah nanti. Bahkan, Kaesang Pengarep turut hadir dan mengikuti semua arahan yang diberikan dengan sesekali berdiskusi.

 BACA JUGA: Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina, Tamu Undangan Dilarang Pakai Batik Motif Parang dan Lereng

"Ini dihadiri peraga utama kecuali mbak Erina yang kini menjalani tradisi pingitan," kata MC dan consultan upacara adat, dr. wigung Wratsangka, usai gladi bersih.

Dia mengatakan, Erina memang mulai hari Senin kemarin tidak diperkenankan keluar rumah karena menjalani tradisi pingitan. Di samping itu juga mungkin Erina tengah menjalani puasa menjelang pernikahan.

 BACA JUGA:Intip Proses Pembuatan Souvenir Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

Wigung mengatakan, rencananya upacara akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo akan diisi dengan berbagai rangkaian. Upacara sendiri akan dimulai dengan penyerahan calon pengantin putra kemudian menuju ke tempat duduk akad nikah.

"Setelah itu pemeriksaan rukun-rukun akad nikah pengantin putra wali dan saksi-saksi sudah sesuai dengan data atau tidak. Dan ada yang dipermasalahkan atau tidak," terang dia

Kemudian dia akan memeriksa mahar apakah sesuai dengan yang ditulis apa tidak. Dan dilanjutkan dengan ijab qobul. Dan dilanuutkan penandatanganan buku akad nikah, penyerahan buku nikah oleh petugas KUA, serta penyerahan mahar kemudian mengenakan cincin

"Akad nikah itu religi, pemakaian cincin itu sudah mulai upacara budaya," kata dia.

Setelah itu nanti kedua mempelai akan diminta duduk di pelaminan didampingi ayah ibu kedua mempelai. kemudian dilanjutkan upacara adat panggih dengan tradisi Yogyakarta referensi keraton Yogyakarta. Meski referensi dari Keraton Yogyakarta tetapi ada perubahan dan perkembangan.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

"Tentu tentu berbeda dengan Keraton karena yang menyelenggarakan adalah masyarakat umum," kata dia.

Untuk cincin nanti akan dibawa oleh cucu dari Jokowi yaitu Jhan Enthes Srinarendra dan Sedang mirah Nasution. Keduanya dipilih karena masih berusia muda dan tidak akan menarik perhatian terutama dalam hal riasan. Di samping itu keduanya juga masih suci dan belum memiliki dosa.

Di samping itu nanti juga mempelai Putri bersama ibunda dan kakak perempuannya Ellen akan menaiki kereta kencana dari Lobi Hotel menuju ke Kuncungan Pendopo Agung. Sebelum akhirnya ada adat panggih.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini