Share

MUI Jabar : Jangan Simpulkan Gempa Cianjur sebagai Azab

Agung Bakti Sarasa, MNC Portal · Selasa 06 Desember 2022 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 525 2721702 mui-jabar-jangan-simpulkan-gempa-cianjur-sebagai-azab-0gI2Nxsrtd.jpg MUI Jabar menyatakan gempa Cianjur bukanlah azab. (MNC Portal)

BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mengimbau masyarakat menyimpulkan bencana alam gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sebagai azab dari Allah Swt.

"Jangan sekali-kali menyebutkan mereka ini adalah kelompok masyarakat yang sedang di azab oleh Allah SWT," tegas Sekretaris Umum (Sekum) MUI Jabar, Rafani Achyar dalam Diskusi Gaspol Edisi II bertajuk "Jabar Gaspol Tanggap Bencana, Cianjur Pulih" di Hotel Citarum, Kota Bandung, Selasa (6/12/2022).

Menurutnya, gempa bumi di Kabupaten Cianjur tidak bisa dikategorikan sebagai azab. Dengan beragam bencana yang terjadi, kata Rafani, Allah SWT ingin memberi peringatan atau menampakkan kuasa-Nya.

Menurut Rafani, banyak korban gempa Cianjur merupakan orang-orang soleh. Karena itu, ia menegaskan, jangan beropini jika bencana alam ini adalah sebuah azab.

"Nanti kami akan memberikan bahan ini juga ya untuk counter opini, hikmah yang harus kita ambil. Memang ini bencana datang dari Allah, tapi jangan menyimpulkannya sebagai azab," katanya.

Untuk mengantisipasi opini masyarakat yang menganggap gempa Cianjur sebagai azab menyebar luas, pihaknya akan membuat surat ederan yang disebarkan melalui MUI yang ada di daerah.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

"Surat edaran ini nanti ditujukan ke MUI kabupaten/kota supaya dijadikan tema-tema pengajian atau khutbah dengan mengangkat tema tentang pentingnya memberi pertolongan, bantuan kepada saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah itu intinya," tuturnya.

Caption: Sekum MUI Jabar, Rafani Achyar mengimbau masyarakat tidak menganggap bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur sebagai azab dari Allah SWT.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini