Pemenang Pilgub Kaltim Diumumkan Hari Ini

|

SAMARINDA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kaltim siang nanti sekira pukul 14.00 WIB akan menggelar rapat pleno terbuka tentang rekapitulasi suara di Ballroom Hotel Bumi Senyiur.

Rapat pleno ini akan ditindaklanjuti dengan penetapan pemenang Pilgub Kaltim putaran dua yang dilaksanakan pada 23 oktober lalu. Pilgub putaran dua diikuti pasangan Awang Fareok-Farid Wadjdy (AFI) dan pasangan Ahmad Amins-Hadi Mulyadi (AHAD).

Seperti diketahui hasil rekapitulasi perhitungan suara sementara melalui di KPUD Kaltim hingga malam tadi menyatakan AFI masih unggul dengan perolehan 677.308 suara. Sedangkan pasangan AHAD memperoleh 486.796 suara. jumlah Pemilih Pilgub Kaltim sendiri sebanyak 2,3 juta lebih. Adapun angka golput diperkirakan mencapai 42 persen lebih.

"Dari penghitungan suara yang dilakukan KPUD Kaltim relatif tidak ada perubahan dan hasilnya sudah diketahui," ujar ketua KPUD Kaltim Masykur Melle kepada okezone di Samarinda, Kaltim, Jumat (7/11/2008).

Menyinggung soal pelantikan cagub terpilih, menurut Masykur hal itu menjadi kewenangan presiden melalui menteri dalam negeri. "Kemungkinan Desember pelantikannya, namun soal kapan tanggal pelantikanya itu menjadi wewenang Mendagri karena harus menuggu Keppres," katanya.

Untuk mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi Pilgub Putaran Kedua, sedikitnya 452 personel polisi disiapkan dibeberapa tempat seperti Hotel Bumi Senyiur, Kantor KPUD, dan DPRD Kaltim.

"Untuk pengamanan rapat pleno di Hotel Bumi Senyiur telah diturunkan 452 personel ditambah 42 personel tambahan dari pasukan Bakuda dan Gegana. Kita harapkan aman-aman saja, dan tidak terjadi apa-apa," kata Kapoltabes Samarinda Kombespol Nasib Simbolon.

(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tiga Nama Ini Memiliki Kans Besar Jadi Wagub DKI