Sumut Tuan Rumah Olimpiade Sains Nasional 2010

ist

Sumut Tuan Rumah Olimpiade Sains Nasional 2010
MEDAN - Sumatera Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2010 yang digelar di Medan, 1-7 Agustus mendatang. Sebanyak 1.565 siswa dari seluruh Indonesia akan ikut serta dalam pelaksanaan lomba ini.
 
"Kita telah melakukan persiapan matang untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Di antaranya, dengan mempersiapkan sejumlah sekolah unggulan untuk menjadi lokasi perlombaan, seperti SMAN 1 Medan, Komplek Perguruan Sutomo, Komplek Perguruan Syafiatul Amaliyah, Komplek Yayasan Al-Azhar dan Kampus USU," jelas Kepala Dinas Pendidikan Sumut Bahrumsyah di Medan, Sabtu (31/7/2010).
 
Mata pelajaran yang akan diperlombakan dalam OSN 2010 ini disesuaikan dengan tingkat pendidikan peserta. Yakni, mata pelajaran Fisika, Matematika dan Biologi untuk peserta tingkat SD dan SD Luar Biasa, mata pelajaran Fisika, Matematika, Biologi dan IPS Terpadu untuk peserta SMP dan Matematika untuk peserta SMP Luar Biasa. Kemudian, mata pelajaran Fisika, Matematika, Biologi, Astronomi, Komputer, Ekonomi dan Kebumian untuk peserta SMA.
 
Sementara itu, ditambahkan Bahrumsyah, Sumut menargetkan masuk lima besar dalam OSN 2010 ini. Untuk itu, telah disiapkan sebanyak 69 pelajar dari berbagai tingkatan dari sejumlah kabupaten/kota di Sumut. Ke-69 pelajar pilihan itu dibina secara berjenjang di daerah masing-masing melalui para guru yang memiliki kompetensi di bidang mata pelajaran yang akan dilombakan.
 
Selain itu, ke-69 pelajar itu juga diberikan pembinaan lanjutan di tingkat provinsi supaya lebih menguasai mata pelajaran terkait. Diharapkan mereka mampu bersaing dengan peserta dari provinsi lain, khususnya dari Pulau Jawa. Dinas Pendidikan Sumut juga telah mempersiapkan sejumlah penghargaan bagi pelajar yang berprestasi dalam OSN 2010 nanti.
 
"Tetapi kita juga tidak memberatkan para pelajar untuk meraih predikat juara umum. Namun diharapkan mereka tetap dapat bersaing. Minimal bisa masuk lima besar," pungkas Bahrumsyah.
(teb)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    1.000 Pemuda Syukuran di Tugu Proklamasi