Petinggi Greenpeace Dilarang Masuk Indonesia

|

Petinggi Greenpeace Dilarang Masuk Indonesia

JAKARTA- Direktur LSM Greenpeace cabang Inggris John Bernard Sauven dilarang memasuki wilayah Indonesia. Pihak Imigrasi Indonesia memasukan namanya ke dalam daftar penangkalan.

"John Bernard Sauven tercantum dalam daftar penangkalan, pertimbangannya untuk menjaga ketertiban dan menghindari terjadinya keresahan di Indonesia," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi, Maryoto kepada okezone, Rabu (28/9/2011).

Ketika ditanya, sejak kapan waktu penangkalan tersebut, Maryoto tak bisa memastikan. “Yang pasti yang bersangkutan masih dalam status tercekal,” katanya.

Terkait penolakan tersebut, Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana mendukung langkah pemerintah yang menolak kedatangan John Bernard Sauven. “Langkah itu sudah tepat. Sebab, setiap orang asing yang ingin memasuki Indonesia harus terlebih dahulu diperiksa apa motif dan kepentingannya. Penolakan dilakukan karena pemerintah sudah mendapat informasi yang akurat dan objektif lebih dulu,” kata Hikmahanto dalam keterangannya.

Untuk diketahui, John Sauven rencananya datang ke Indonesia untuk mengikuti serangkaian kegiatan.  Di antaranya menghadiri seminar internasional tentang kelangsungan dan perlindungan hutan Indonesia, di Jakarta, Selasa kemarin.

Dari informasi yang dihimpun, Ditjen Imigrasi melarang John masuk ke Indonesia karena adanya informasi John Sauven akan melakukan kegiatan yang dapat mengganggu keamanan, ketertiban umum dan dapat membahayakan Indonesia.

Menurut Hikmahanto, ditolaknya orang asing masuk ke Indonesia berawal dari rangkaian kerjasama antar aparat pemerintah. Sebab, harus ada alasan kuat yang melatarbelakanginya. Itu artinya, penolakan terhadap John Sauven dilakukan dengan sangat hati-hati dan selektif.

“Kalau dulu saat era Pak Harto, banyak orang asing yang ditolak. Berbeda dengan saat ini yang harus melalui berbagai prosedur. Sehingga, kalau seseorang ditolak masuk Indonesia, itu pasti dilakukan dengan sangat hati-hati dan prosedural,” ungkapnya.

Hikmahanto mengemukakan, tujuan ditolaknya orang asing masuk ke Indonesia adalah demi menjaga kedaulatan negara. Pemerintah berhak melarang orang asing masuk ke Indonesia jika dinilai malah merugikan negara.

(ugo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Belasan Rumah di Belakang Tamini Square Terbakar