Penyebab Ani Yudhoyono Mencuat Jadi Capres Demokrat

|

Ani Yudhoyono (ist)

Penyebab Ani Yudhoyono Mencuat Jadi Capres Demokrat

JAKARTA - Pengamat Politik, Gun Gun Heryanto memaparkan tiga hal yang menyebabkan nama Ani Yudhoyono mencuat sebagai calon presiden dari Partai Demokrat (PD). Salah satu faktor utamanya, yakni kedekatan dan satu visi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang notabene adalah suaminya sendiri.

"Saya melihat memang probabilistik Ani untuk jadi Capres Demokrat tetap besar," ungkapnya melalui pesan singkatnya kepada Okezone, Minggu (24/6/2012).

Pakar Komunikasi Politik Universitas Negeri Islam (UIN) Syarif Hidayatullah ini juga menjelaskan, alasan munculnya Ani sebagai capres Demokrat. Pertama, PD masih memiliki ketergantungan kuat pada politik figur dalam hal ini pada SBY. Oleh karena itu, keluarga inti SBY, masih bisa dipasang mewarisi referent power dari sosok SBY.

"Posisi bu Ani, menjadi strategis dalam konteks merepresentasikan kekuatan SBY tadi," terang Direktur Political Literacy Institute tersebut.

Alasan kedua, karena PD saat ini sedang mengalami krisis pemimpin (leader). Menurut Gun Gun, partai berlambang bintang mercy itu tidak memiliki sosok sekuat SBY, atau sosok yang memiliki elektabilitas tinggi.

"Bu Ani memiliki publisitas yang memadai selama menemani pak SBY dalam dua periode kekuasaannya. Jadi dengan modal popularitas yang dimiliki saat ini, dia bisa didorong tidak hanya oleh internal partai melainkan juga 'dijual' pada khalayak," simpulnya.

Kemudian alasan terakhir ialah pengaruh dinamika partai-partai lain. Sebab saat ini, beberapa partai besar lain sudah memiliki Capres yang solid. Sementara PD hingga sekarang masih tarik-ulur nama capres dan belum mempunyai kepastian.

"Akan ada strategi mengambil capres di internal partai yang minimal bisa diterima tanpa resistensi," pungkasnya.

(put)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    PBNU Raih Global Peace Interfaith Leadership Award