Hatta Rajasa Jadi Ketua Pembina PKL

|

Hatta Rajasa

Hatta Rajasa Jadi Ketua Pembina PKL

JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina Relawan Pedagang Kaki Lima (PKL). Penobatan ini hasil dari keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Asosiasi PKL Indonesia (APKLI) di Jakarta, 25-27 Juni 2013.

Ketua Umum DPP APKLI 2011-2016 Ali Mahsun menuturkan, APKLI bertekad mendampingi PKL setiap saat, di mana pun dan dalam kondisi apa pun guna mewujudkan mereka berdaya, bermartabat, sejahtera dan dimanusiakan.

"Rapimnas II APKLI memutuskan membentuk Badan Semi Otonom Relawan Kaki Lima Indonesia yang mana Ketua Wanbinnya adalah Pak Hatta Rajasa," kata Ali Mahsun dalam keteranganya di Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Hatta Rajasa menyambut baik penobatanya itu. Menurutnya, PKL harus dibedayakan. Haram hukumnya bagi Pemerintah untuk menggusur PKL. Karena, sambung Hatta, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menata mereka tanpa harus menggusur para PKL.

"Mereka itu bisa ditata, dibina dan diberdayakan, serta memberikan konstribusi yang besar dan bagian tak terpisahkan dari perekonomian nasional," terang Hatta.

Oleh sebab itu, Hatta meminta jajaran APKLI di seluruh Indonesia lebih intensif melakukan komunikasi dan membangun sinergi dengan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya penataan dan pemberdayaan PKL.

"Perpres 125/2012 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL merupakan payung hukum yang mengikat, sebuah perintah yang harus dijalankan oleh semua pihak, baik pemerintah, BUMN, Swasta, dan pemangku kepentingan lainnya. APKLI harus mengawal pelaksanaan Perpres 125/2012 tersebut, Insya Allah PKL ke depan naik kelas menjadi pengusaha kecil, menengah bahkan pengusaha besar," paparnya.

(trk)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    TIK Dihapus, Guru Ini Ngajar Lewat Blog