Petugas Lalai & Gedung Tak Layak Diduga Penyebab Kaburnya 13 Tahanan di Balikpapan

Ilustrasi

Ilustrasi

BALIKPAPAN - Sebanyak 13 tahanan kabur dari sel Polres Balikpapan, Kalimantan Timur, kemarin. Kapolres Balikpapan AKBP Juniarta mengakui ada keteledoran anggotanya dalam mengawasi tahanan.

Kapolres juga menyebut penghuni sel Polres Balikpapan melebih kapasitas ideal. “Pernah dulu sampai 100 tahanan di situ, memang kalau ruang sempit masih manusiawi tapi terlepas dari itu memang ada keteledoran anggota,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Propam sedang bekerja untuk mengungkap ada tidaknya keteledoran personel yang berjaga pada malam itu. Kapolres mengaku sudah sering mengingatkan anggotanya agar selalu mengecek sel, apalagi kondisi bangunan menurutnya sudah perlu peremajaan.

“Saya tidak habisnya mengingatkan anak buah karena kondisi bangunan kurang sesuai kualitas, ya sudah harus diremajakan lah. Pulang dari kantor tolong-tolong dicek-dicek, enggak habis-habis saya ingat anggota,” terangnya.

Kapolres mengungkapkan, anggotanya sempat medengar bunyi di ruang tahanan namun tidak dibarengi dengan pengecekan. “Sebetulnya ada anggota dengar (suara gergaji) tapi kurang curiga. Tidak peduli. Kadang-kadang tikus lewat jadi dikiranya tikus, padahal tikusnya besar, tahanan,” katanya.

Dia memastikan akan ada sanksi disiplin bagi petugas jaga yang lalai. Sementara sampai kemarin, sudah ada tiga tahanan yang ditangkap kembali.

"Doakan teman-teman dalam waktu tidak terlalu lama bisa ditangkap semua. Dan ini jadi koreksi kita mudah-mudahan pak wali dan ketua DPRD tergerak hatinya supaya menuntaskan pembangunan ini,” harapnya.

Polres Balikpapan sedang membangun gedung baru di belakang Polres saat ini. Dengan kejadian ini, dia berharap pemkot dapat melanjutkan bantuan dana pembangunan gedung Polres yang menelan anggaran Rp125 miliar.

“Nanti ruang tahanan dan penyidik yang terbaik, cuma duitnya tersendat-sendat. Kan pemkot juga lagi desifit,” katanya.

“Nanti yang baru ini mampu tampung 100 orang. Kalau sekarang ini ruang tahanan bersebelahan dengan ruang kapolres. Memang kondisi sudah tidak layak,” sambungnya.

(ris)
Live Streaming
Logo
breaking news x