Share

Konser Amal UMY

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 25 Oktober 2010 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 25 373 386110 mMhdXhd00k.jpg Poster Some Bloody to Love (dok. UMY)

JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menggelar konser amal bertema Some Bloody to Love, Minggu, 31 Oktober mendatang.

Konser yang dihelat oleh anggota Muhammadiyah Medical Student Activities (MMSA) tersebut merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap anak-anak penderita penyakit darah seperti thalasemia, hemofilia dan leukemia. 

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

“Sejak 1997 hingga 2010, prevalensi penyakit ini selalu mengalami peningkatan sekira 30-40 persen tiap tahun. Jumlah ini diperkirakan lebih banyak lagi mengingat banyak keluarga pengidap penyakit darah dari level menengah ke bawah yang kesulitan atau tidak melakukan pengobatan karena kesulitan biaya,” beber koordinator acara Nur Rahmatullaili seperti dinukil dari situs UMY, Senin (25/10/2010). 

Penyakit darah disebabkan banyak faktor, mulai dari faktor genetik (keturunan), gaya hidup serta faktor lingkungan. Gaya hidup yang dapat memicu penyakit darah di antaranya mengonsumsi makanan sembarangan yang mengandung banyak karsinogen (zat penyebab kanker) seperti zat pengawet. Selain itu, zat toksin dalam air tanah atau bahan kimia dalam sayur dan buah juga dipercaya menjadi pencetus berbagai penyakit darah.

Pasien penyakit darah harus menjalani pengobatan dan transfusi darah rutin dengan biaya yang tidak sedikit. Keadaan itulah yang menggerakkan MMSA menggelar konser amal sebagai ajang penggalangan dana. Panitia menargetkan, dan terkumpul tak hanya dari penjualan tiket masuk, tetapi juga dari penjualan lukisan dan raffle ticket. Raffle ticket adalah semacam tiket undian untuk dana amal. Tiket ini dijual seharga Rp10 ribu mulai awal Oktober. "Nantinya seluruh dana amal ini akan kami salurkan melalui RSUP Sardjito,” Nur menambahkan.

Selain menggalang dana, konser ini juga bertujuan menggugah kepedulian masyarakat akan keberadaan para anak-anak pasien penyakit darah. Diharapkan, masyarakat tidak akan menghindari para pasien penyakit darah, melainkan memberi dukungan. Dengan demikian, prevalensi penyakit darah pun diharapkan dapat turun seiring meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap penyakit tersebut.

Konser tersebut di antaranya akan menampilkan Tompi, Tangga, dan d'Cinnamoons. Tidak hanya itu, panitia juga akan menampilkan paduan suara UMY dan pemutaran film dokumenter mengenai penyakit darah sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini