nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayam Unik Punya 4 Kaki dan 2 Dubur

Taufik Syahrawi, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2011 20:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2011 07 19 340 481667 lC9XykyGar.jpg Ayam unik di Sampang, Jatim. (Dok: Sun TV)

SAMPANG- Ayam ini terlihat unik dan aneh. Bagaimana tidak unggas milik warga di Sampang, Jawa Timur, itu memiliki jumlah kaki yang tidak lazim seperti ayam sejenisnya.

Ayam jantan ini memiliki empat kaki, tentu saja kondisi fisik ayam peranakan cemani ini menghebohkan warga.

Ayam milik Sohib, warga Jalan Syamsul Arifin, Kota Sampang, ini kemudian dianggap istimewa dan ditaruh dalam sangkar ayam yang biasa dipakai untuk jenis bekisar.

Dua kaki tambahan tumbuh tepat di bawah dubur ayam. Berbeda dengan dua kaki yang berbentuk sempurna, dua kaki tambahan lainnya lebih pendek dan menggelantung.

Ketika baru menetas, Sohib tidak menyadari keunikan anak ayam hasil kawin silang antara ayam kampung dengan ayam jenis cemani tersebut. Saat itu kaki tambahan terlihat hanya berupa tonjolan daging kecil.

"Setelah dua bulan, tonjolan daging makin panjang dan mengeras," jelas Sohib ditemui di kediamannya, Selasa (19/7/2011).

Satu lagi keunikan ayam ini yakni memiliki dua dubur sekaligus. Sohib mengaku kedua dubur ayamnya berfungsi normal. Secara bergantian, dubur tambahan tersebut mengeluarkan kotoran.

Meski memiliki empat kaki, ayam yang sudah berusia enam bulan itu terlihat lebih agresif dibanding ayam jago lainnya. Ia kerap menyerang ayam jantan lain.

Karena keunikan ayam tersebut, rumah Sohib yang terletak di pinggir jalan seringkali disinggahi warga yang melintas untuk sekadar memuaskan rasa penasaran.

Meskipun banyak orang yang sudah menawar ayam tersebut dengan harga jutaan rupiah, Sohib tetap tidak tertarik menjual ayam uniknya ini. Dia menganggap ayam itu sebagai keberuntungan yang harus selalu dijaga.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini