Image

Obama Tinggalkan Bali dengan Senyum

Rohmat, Jurnalis · Sabtu 19 November 2011, 17:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 11 19 340 531654 rqYxpmZaos.jpg (Foto: Reuters)

DENPASAR - Larian kecil di tangga Air Force One kemudian melambaikan tangan sambil melemparkan senyum hangat, Presiden Amerika Serikat Barack Obama pulang ke negaranya usai mengikuti serangkaian pertemuan KTT ASEAN, KTT ASEAN Plus, dan KTT Asia Timur, di Nusa Dua, Bali.

 

Sekira pukul 16.30 Wita, Sabtu (19/11/2011), pesawat yang membawa Obama perlahan bergerak ke timur runway Bandara Internasional Ngurah Rai, untuk mengambil posisi lepas landas. Tak berselang lama pesawat khusus kepresidenan itu terbang menuju Amerika Serikat.

Usai menghadiri pertemuan terakhir KTT Asia Timur, Obama langsung bertolak ke Bandara Ngurah Rai, dengan mobil Limousine hitam. Di dekat tangga pesawat yang beralasakan karpet merah, sudah menunggu sejumlah pejabat yang akan melepas kepergian orang nomor satu di negara adidaya itu.

Tampak di antara pejabat yang mengantarkan kepergian Obama, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, Dubes AS Scot Marciel, dan istri Dubes AS untuk ASEAN David Carden dan istri, juga Kapolda Bali Irjen Pol Totoy Herawan Indra.

Sementara Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan Pangdam IX/Udayana Mayjen Leonard yang dijadwalkan turut melepas Obama, justru tidak nampak.

Satu per satu, Obama menyalami hangat semua pejabat yang melepasnya sembari bercakap-cakap ringan sebelum bergegas menapaki tangga pesawat.

Seperti biasa, Obama yang mengenakan stelan celana dan jas warna hitam dipadu dasi warna coklat, langsung berlari kecil saat menapaki tangga pesawat satu demi satu. Persis di pintu pesawat, sebalum masuk, Obama menoleh ke arah pejabat yang menjemput dan semua orang yang ada di bawah pesawat bernomor 28.000 itu dengan lambaian tangan dan senyum khas hangatnya.

Seperempat jam prosesi pelepasan Obama berlangsung, sampai akhirnya pesawat bergerak meninggalkan Bali. Tak berselang lama, pesawat Air Force Two yang mengiringi pesawat Obama juga tinggal landas dari landasan bandara.

“Presiden Obama langsung terbang pulang ke Amerika Serikat,” imbuh Staf Konsulat Jenderal Amerika Serikat Norris Emily.

Seperti diketahui, Obama dan Hillary tiba di Bali pada Kamis 17 November guna mengikuti serangkaian kegiatan di KTT ASEAN, KTT ASEAN Plus, KTT Asia Timur yang berlangsung pada 17-19 November di Nusa Dua, Bali.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini