nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berbicara di Kongres Ke-4 Diaspora Indonesia, Obama Tekankan Pentingnya Toleransi

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Sabtu 01 Juli 2017 16:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 01 18 1726572 berbicara-di-kongres-ke-4-diaspora-indonesia-obama-tekankan-pentingnya-toleransi-3XltuEZmDm.jpg Barack Obama berbicara di Kongres ke-4 Diaspora. (Foto: Max Walden)

JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mudik ke Indonesia pada akhir Juni. Presiden ke-44 AS itu mengunjungi Indonesia untuk berlibur setelah tak lagi menjabat menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Setelah puas mengunjungi Bali dan Yogyakarta bersama istri dan kedua putrinya, Obama kemudian bertatap muka dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi di Bogor. Tak hanya itu, Obama juga menyempatkan diri untuk hadir di Kongres Ke-4 Diaspora Indonesia di Mal Kota Kasablanka pada hari ini, Sabtu (1/7/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Obama menyampaikan pidatonya di hadapan peserta kongres. Pidato kali ini merupakan pidato pertama Obama di Asia pasca-meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2017. Ia menekankan pentingnya memperjuangkan demokrasi, toleransi, dan persamaan kesempatan ekonomi.

"Ketika saya di sini (Indonesia) saya diajarkan untuk menghargai perbedaan. Keberagaman agama yang kaya merupakan bagian penting dari fondasi yang menguatkan Indonesia bersama. Saya tidak percaya bahwa masa depan mendukung orang kuat. Saya percaya masa depan lebih menyukai orang-orang yang mengutamakan toleransi dan siapa yang terbuka terhadap perbedaan serta belajar dari semua orang," ujar Obama.

Sebagaimana diketahui, pria berkulit hitam itu memang sempat menetap di Indonesia pada 1960-an. Indonesia sendiri sebagai negara demokrasi dan negara Muslim terbesar di dunia, masih bergulat dengan isu intoleransi beberapa waktu belakangan ini.

Selain menekankan pentingnya toleransi, dalam pidatonya Obama juga menyinggung isu lain seperti media sosial, terorisme, dan perubahan iklim. Sebelumnya, ketika bertemu dengan Presiden Jokowi di istana kepresidenan di Bogor, Jawa Barat pada Jumat 30 Juni 2017, Obama menyebut telah melihat kemajuan pesat di Indonesia dan melontarkan pujian terhadap pria kelahiran Solo tersebut.

"Saya selalu menganggap Jokowi sebagai orang yang memiliki integritas. Ia orang yang tenang namun teguh, seseorang yang dengan tulus ingin melakukan apa yang benar untuk semua orang Indonesia," imbuh Obama sebagaimana dilansir dari Asia Correspondent.

Obama menambahkan bahwa kunjungannya ke Indonesia sebaga warga biasa ini dilatarbelakangi kepercayaan terhadap masa depan Indonesia yang cerah.

"Semangat dari negara ini adalah salah satu wujud toleransi di mana negara Muslim ini memberi kesempatan pada kaum perempuan dan tidak menekan mereka," tegas Obama.

Obama menyebut, jika bisa menghindari politik sektarian (diskriminasi atau kebencian yang muncul akibat perbedaan di antara suatu kelompok), Indonesia tidak hanya akan berkembang, tapi juga bisa menjadi model bagi negara-negara Muslim lainnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini