Jurnalis Kampus se-Indonesia Kumpul di Makassar

Jum'at 06 April 2012 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 06 373 606754 jjcbCzhrWa.jpg Image: corbis.com

MAKASSAR - Lembaga Penerbitan dan Penyiaran Mahasiswa (LPPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) menghimpun seluruh Lembaga Pers Mahasiswa se-Indonesia dalam pelatihan jurnalistik tingkat lanjutan.

"Pada tahap ini, materi jurnalistik yang diangkat lebih mengerucut pada tema investigasi. Kami tidak lagi bertolak pada jurnalistik tingkat dasar," ungkap Ketua Panitia Sitti Marlina.

Selain diklat, pembukaan yang berlangsung di lantai III Rektorat UNM tersebut dirangkaikan dengan seminar nasional yang mengusung tema "UU Intelijen vs Kode Etik Jurnalistik". Hadir sebagai pemateri Bambang Harymurti dari Dewan Pers, pakar Hukum Pidana Profesor Hambali Thalib, dan Ketua Komisi Informasi Publik Pusat Abdul Rahman Ma’mun.

Selain itu, peserta juga akan melakukan kunjungan wisata ke beberapa tempat bersejarah di Makassar. "Berhubung sebagian pesertanya adalah orang dari luar Sulawesi, maka kami juga akan perkenalkan kearifan budaya lokal Makassar," ujarnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari dan akan berakhir pada Minggu, 8 April mendatang. Para peserta yang mengikuti diklat ini diseleksi menurut artikel yang dikirimkan masing-masing peserta. Sehingga panitia hanya akan memilih 30 orang terbaik dari lembaga pers mahasiswa se-Indonesia.

Pemimpin Umum LPPM Profesi Rahmat Fadhli berharap diklat ini bisa menjadi tempat menimba ilmu bagi seluruh lembaga pers mahasiswa di Indonesia. "Kami pikir, inilah salah satu bentuk kepedulian kami bagi perkembangan dunia jurnalistik di Indonesia," ujarnya. (herniamir/koran si) 

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini