Share

Cara Membedakan Pensil 2B Asli dan Palsu

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Senin 09 Juli 2012 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 09 373 660868 MczxYbeVhl.jpg Image: Corbis

PENGUMUMAN hasil Ujian Tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) baru saja berakhir. Mereka yang lulus bersiap mendaftar ke kampus masing-masing. Sementara itu, lulusan SMA dan sederajat yang belum lulus kembali menyibukkan diri dengan berbagai ujian masuk mandiri perguruan-perguruan tinggi negeri (PTN) atau mendaftar ke perguruan tinggi swasta (PTS).

Tidak jauh berbeda dengan SNMPTN, jalur mandiri PTN atau pendaftaran masuk PTS juga mensyaratkan peserta untuk mengerjakan soal-soal ujian. Ketelitian dalam mengerjakan soal ujian inilah yang perlu ditekankan kepada para peserta ujian. Bahkan, ketelitian juga diperlukan sejak persiapan, termasuk ketika memilih pensil 2B.

Mengapa demikian? Salah memilih pensil 2B akan merugikan peserta ujian, apalagi jika ternyata pensil 2B yang digunakan adalah palsu. Baru-baru ini, pihak kepolisian di Bandung menggerebek sebuah toko alat tulis di Bandung yang menjual ribuan batang pensil 2B palsu.

Agar tidak tertipu, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan ketika hendak membeli pensil 2B. Dari segi harga, pensil 2B yang asli biasanya memang lebih mahal. Jika ada pensil 2B dijual dengan harga lebih murah, maka waspadalah, bisa jadi itu pensil 2B palsu.

Batang pensil 2B asli biasanya berwarna kayu lebih terang dan beraroma khas kayu. Sementara batang pensil 2B palsu berwarna merah dengan bau menyengat.

Isi pensil 2B (leads) asli berada tepat di tengah, tidak miring. Leads yang miring biasanya mudah patah saat digunakan. Leads yang merosot keluar dari batang pensil juga cenderung mudah patah. Jangan beli pensil dengan isi merosot seperti ini.

Untuk mendapatkan pensil yang tidak mudah patah, belilah pensil 2B dengan isi pensil yang besar. Leads besar biasanya lebih kuat dan mempercepat proses melingkari jawaban. 

Selain itu, pastikan isi pensil berkilau. Kilau ini menandakan bulatan pada lembar jawaban akan lebih jelas dan lebih mudah dibaca scanner.  Tidak hanya itu, ujung isi pensil 2B asli akan berwarna hitam pekat. Ujung isi pensil 2B yang berwarna keputih-putihan bisa dipastikan palsu.

Perhatikan juga, pensil 2B yang baik adalah yang telah lulus OMR Test / Scan Test. Dapat dipastikan, isi pensil dengan sertifikasi OMR Test ini mengandung campuran yang sempurna sebagai pensil 2B dari ujung ke ujung.

Tanda lain yang perlu diperhatikan adalah logo dan tulisan lain pada badan pensil.  Jika logo, merek, atau tulisan lain di badan pensil pudar, maka besar kemungkinan itu adalah pensil palsu. Pensil 2B asli akan mencantumkan logo dan tulisan lain dengan cetakan yang jelas dan tegas.

Dari segi pemakaian, pensil 2B palsu akan terasa keras jika dipakai, dan goresannya pun tidak begitu hitam. Sementara itu, pensil 2B asli tidak terasa keras dan hasil goresannya hitam dan jelas.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini