Bintang Kejora dan Tembakan Warnai HUT Bhayangkara di Papua

Nurlina Umasugi, Okezone · Senin 01 Juli 2013 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 01 340 830141 Rdsi7g0nec.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

JAYAPURA - Peringatan Hari Bhayangkara ke 67 tahun di Papua diwarnai pengibaran bendera Bintang Kejora (BK) berukuran panjang 150 sentimeter dan lebar 80 sentimeter.

Pengibaran BK itu terjadi pada pukul 08.55 WIT di Kampung Wandenggobak, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, atau tiga kilometer dari Mapolres Puncak Jaya. Saat itu, anggota Polres Puncak Jaya sedang melaksanakan persiapan upacara Hari Bhayangkara.

Selain pengibaran BK, rentetan lima kali tembakan juga dilakukan kelompok sipil bersenjata di daerah tersebut, Senin (1/7/2013).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kondisi cuaca dalam keadaan berkabut, sehingga tidak diketahui arah datangnya tembakan dan tidak memungkinkan dilakukan pengejaran terhadap pelaku.

“Informasinya kelompok gangguan pengacau keamanan (GPK) di Papua itu dari kelompok Enggaranggo Wonda dan Purom Wenda. Sebelum melaksanakan aksinya, terlebih dahulu sudah berada di sekitar Distrik Mulia untuk memasang bendera dan memantau pos keamanan yang lengah. Sampai saat ini, anggota Brimob masih melaksanakan pengintaian di sekitar lokasi,” ujar salah seorang saksi, Senin (1/7/2013).

Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian, membenarkan insiden tersebut. Namun, diakui Tito, pengibaran BK itu hanya sebuah pancingan.

"Itu pancingan, agar polisi masuk ke wilayah Puncak Jaya, dan mereka bisa menembak anggota. Aksi mereka sudah kami ketahui terlebih dahulu, sehingga tidak terpancing,” ujar Tito.

(tbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini