nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Merdeka, Belum, Ya?

Ivan Fadil, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2013 16:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 08 17 373 851040 3Flaqokgqa.jpg Foto: dok. Okezone

JAKARTA - Merdeka! Merdeka! Merdeka! Demikian sorak sorai yang terdengar setiap 17 Agustus. Bangsa ini telah menginjak usia yang ke-68 tahun. Namun apakah bangsa ini telah benar-benar merdeka? Lalu, bagaimana ya pemuda bangsa ini memaknai arti kemerdekaan kini?

Mahasiswa IT Universitas Bina Nusantara, Muhammad Fachri, menilai, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. "Tidak bisa disebut merdeka kalau kemakmuran rakyat

belum merata. Bangsa ini tidak bisa berdikari dalam hal pangan, sering mengandalkan impor," kata Fachri kepada Okezone, belum lama ini.

Sependapat dengan Fachri, Renaldy Rassofyan, mahasiswa IT Universitas Indraprasta PGRI mengungkap, Indonesia belum  merdeka sesungguhnya apabila masih banyak rakyat miskin.

"Enggak ada jaminan kesehatan dan pendidikan yang jelas dan merata. Merdeka itu cuma mlik orang yang beruang banyak. Kapitalisme.  Kita belum merdeka," ujar mahasiswa yang akrab disapa Rere ini.

"Betul tuh! Hutang negara ini masih banyak sehingga sering kali pengambilan kebijakan kita dipengaruhi oleh negara lain yang memberi hutang," Fachri menimpali ucapan Rere.

Begitu pula yang diutarakan oleh Muhammad Rizki Rakelna. Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Perusahaan Listrik Negara (STT-PLN) ini menyoroti keamanan bangsa ini yang masih kurang.

"Polisi dan aparat penegak hukum belum benar-benar bisa melindungi masyarakat. Bagaimana mau merdeka kalau masih sering takut. Belum lagi pemilunya, sering kacau, ada money politic," tutur mahasiswa asal Bima ini.

Pendapat mereka bertolak belakang dengan pernyataan Undang-Undang Dasar 1945, yakni kemerdekaan adalah milik semua orang. Jadi menurut Anda, bangsa ini udah merdeka belum ya?

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini