Duh, Hanya 3% Sarjana yang Jadi Pengusaha

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Kamis 12 September 2013 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 12 373 865107 zgluuttUok.jpg Ilustrasi. (Foto: okezone)

DEPOK - Penelitian program tracer study Universitas Indonesia (UI) menyebutkan hanya dua persen lulusan sarjana yang menjadi wirausahawan. Wakil Rektor UI Bambang Wibawarta mengakui wirausahawan Indonesia memang masih rendah.

"Wirausahawan masih rendah, wirausaha Indonesia perlu ditingkatkan, karena syarat negara maju harus ada dua persen wirausahawan dari total penduduk," katanya saat menghadiri Bursa Kerja dan Beasiswa, Kamis (12/09/2013).

Bambang menambahkan peran perguruan tinggi salah satunya yakni meningkatkan jumlah dengan mencetak lulusan yang memiliki jiwa wirausaha. UI selain memiliki mata kuliah wirausaha, juga selalu menggelar kuliah umum dengan para ahli atau pemilik (CEO) perusahaan.

"Hampir merata lulusan UI yang menjadi wirausahan dari berbagai jurusan, kami sering menggelar kuliah umum, kuliah khusus, jadi mata kuliah, undang dari luar negeri, dan CEO," ungkapnya.

Bambang menilai butuh banyak keberanian untuk terjun di dunia wirausaha. Selain modal, lanjutnya, jejaring pergaulan yang luas juga diperlukan.

"Kami berikan pemahaman, kumpulkan modal, membangun network, empat tahun kuliah di UI ini kan pasti banyak jejaring harus manfaatkan. Misalnya dengan mengadakan even kenal dengan sponsor penting, bakat juga perlu tapi bakat bisa diasah," tegasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini