nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria 60 Tahun yang Tewas saat Mendaki Gunung Lawu Dievakuasi

Widi Nugroho, Jurnalis · Selasa 12 November 2013 08:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 11 12 513 895444 qciN1C675D.jpg

KARANGANYAR - Korban tewas saat melakukan pendakian di Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Ciptodiyono, berhasil dievakuasi Selasa (12/11/2013) dini hari.

Evakuasi pria berusia 60 tahun warga Desa/Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, itu sempat terhambat oleh derasnya hujan

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Cipto hendak mendaki ke puncak Gunung Lawu. Namun korban tewas di antara Pos II dan Pos III jalur pendakian Cemoro Kandang. Diketahui, korban mendaki gunung bersama seorang rekannya.

Rekan korban menuturkan, saat hendak mencapai Pos III, sandal Cipto sempat terlepas. Saat hendak mengambil sandal itulah, Cipto tiba-tiba jatuh dengan posisi telungkup. Setelah diangkat korban sudah tak bernyawa.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Rianto, mengatakan, korban bersama temannya sudah sering mendaki Gunung Lawu. Setidaknya sudah tujuh kali Cipto melakukan ritual di puncak gunung.

“Korban bersama rekannya ini memang sering mendaki gunung untuk melakukan ritual,” terangnya.

Kejadian pendaki tewas kerap terjadi di Gunung Lawu. Para korban umumnya mendaki dengan persiapan minim atau membawa peralatan yang tidak sesuai standar. Hipotermia atau kehilangan suhu tubuh secara drastis menjadi penyebab utama para pendaki kehilangan nyawa.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini