Satu Rusa Jantan Mati, Koleksi KBS Tinggal 21 Ekor

Nurul Arifin, Okezone · Selasa 11 Maret 2014 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 11 519 953230 dZdYTFYRWt.jpg Halaman Kebun Binatang Surabaya (Foto: Eastjava.com)

SURABAYA - Rusa Timor Kebun Binatang Surabaya (KBS) mati diduga setelah bertarung dengan rusa lain.

Humas KBS Agus Supangat mengatakan, pihaknya masih melakukan autopsi atas kematian rusa tersebut.

"Rusa berusia 10 tahun itu ditemukan mati di kandangnya. Dugaan sementara Rusa itu mati setelah berkelahi dengan rusa lain," kata Agus saat dikonfirmasi, Selasa (11/3/2014).

Ia menjelaskan, dalam kandang tersebut ditempati 10 ekor rusa lain. Totalnya ada 11 Ekor Rusa termasuk yang mati itu. Untuk Rusa betina memang sengaja dipisah dengan yang Jantan.

Proses autopsi masih berlangsung, jika dilihat dari luka-lukanya terdapat bekas tandukkan di bagian tubuh.  Rusa yang berumur 10 Tahun ini, pertama ditemukan oleh petugas KBS yang tengah berpatroli.

Akibat peristiwa itu, kini koleksi Rusa di KBS tersisa 21 ekor. Rincinya 14 ekor jantan, lima betina, dan dua anakan yang belum diketahui jenis kelaminnya.

Hewan bernama latin Cervus Timorensis itu ditemukan mati sekitar pukul 02.30 WIB. Kematian Rusa ini menambah daftar panjang jumlah hewan yang mati di KBS. Setidaknya, ada 81 Satwa yang bermasalah dan terancam mati.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini