nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lampung Segera Punya Gubernur Termuda

Dede Suryana, Jurnalis · Sabtu 12 April 2014 12:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 04 12 337 969315

JAKARTA - Bertepatan dengan pemungutan suara Pemilu Legislatif 2014, warga Lampung menggelar pesta demokrasi lokal memilih Gubernur dan Wakil Gubernur. Berdasarkan hitung cepat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Ridho Ficardo terpilih sebagai Gubernur Lampung periode 2014-2019.

 

Bila resmi terpilih, Calon Gubernur yang diusung Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini akan menjadi gubernur termuda dalam sejarah pemilihan kepala daerah secara langsung. Ridho lahir 20 Juli 1980. Artinya kini dia baru berusia 34 tahun.

 

Terpilihnya Ridho, menambah deretan anak muda yang berhasil tampil di depan menjadi pemimpin di daerahnya masih-masing. Di Jawa Barat, ada Ridwan Kamil yang terpilih menjadi Wali Kota Bandung, Bima Arya Sugiarto, yang sudah dilantik sebagai Wali Kota Bogor dan Ganjar Pranowo yang memimpin Jawa Tengah.

 

Direktur Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, mengatakan kian banyaknya anak muda yang mengisi posisi strategis akan meletupkan harapan lahirnya sebuah gebrakan dan perubahan. Semangat perubahan yang dibawa para pemimpin muda ini bakal menjadi modal besar untuk mewujudkan Indonesia baru yang lebih hebat.

 

"Walaupun memang belum berhasil sepenuhnya melakukan perubahan sistem yang lebih adil sesuai cita-cita kemerdekaan, tapi ini tren positif," katanya, Sabtu (12/4/2014).

 

Menurut Karyono, gerakan reformasi setidaknya menjadi berkah bagi kaum muda untuk tampil di depan. Orde reformasi juga telah sukses melahirkan para pemimpin muda yang menduduki posisi kekuasaan.

 

"Di jabatan pemerintah daerah juga banyak politisi muda yg terpilih menjadi kepala daerah, seperti Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, Bima Arya di Bogor, Ridwan Kamil di Bandung, lalu Tuan Guru Bajang di NTB, Jokowi-Ahok di Jakarta, dan yang terbaru Ridho Ficardo di Lampung," ujar Karyono.

 

Karyono menilai gejala ini sebagai tren positif perubahan kepemimpinan dari generasi tua ke golongan muda. Sebuah fenomena alamiah yang tidak bisa dihindari. Bahwa generasi terdahulu akan melahirkan generasi baru untuk meneruskan kepemimpinan.

 

"Atas kesadaran tentang peranan kepemimpinan anak muda itu, maka dengan bijak Soekarno berkata, 'berikan aku sepuluh pemuda maka akan ku goncang dunia'. Kalimat bijak itu penuh makna filosofis, bahwa perubahan itu ada di tangan anak muda," katanya.

 

Soekarno sendiri, kata Karyono, sudah memimpin Partai Nasional Indonesia (PNI) di usia 26 tahun. Dan pada usia yang relatif muda Soekarno menjadi Presiden Pertama Indonesia.

 

Seperti diketahui, dalam pemilihan Gubernur Lampung 9 April kemarin, maju empat pasangan calon, yakni Ridho Ficardo-Bakhtiar, Herman HN-Zainuddin Hasan, Berlian Tihang-Mukhlis Basri dan M Alzier Dianis Thabranie-Lukman Hakim. Hasil hitung cepat (SMRC), mencatatkan duet Ridho-Bakhtiar, keluar sebagai peraih suara terbanyak.

 

Duet yang diusung Demokrat dan PKS ini, mendulang 43,66 persen suara. Disusul pasangan Herman HN-Zainuddin dengan dukungan 32,94 suara. Di bawahnya, duet Berlian-Mukhlis meraup 15,7 persen suara. Lalu urutan terakhir, M Alzier D Thabranie-Lukman Hakim, hanya mampu mendulang dukungan 7,7 persen suara.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini