nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilgub Lampung Digelar Bareng Pemilu Legislatif

Nina Suartika, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2014 13:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 02 27 340 947413 tjHcRRGIsj.jpg Husni Kamil Malik (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik optimis pelaksaan Pilkada Lampung bisa dilakukan serentak dengan pemilihan umum legislatif pada 9 April mendatang.

 

"KPU posisinya optimis. Jadi kalau tidak didasarkan pada optimisme maka kerjanya tidak ikhlas juga," kata Husni di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

 

Menurut Husni, pihak pelaksana Pemilu di Lampung tidak mengeluh mengenai hal tersebut. Mereka justru optimis jika KPU Lampung mampu melaksanakan Pemilu bersamaan dengan Pilkada Lampung. "Sekarang konsentrasi kita bagaimana logistik KPU Lampung itu bisa tersedia dan tepat waktu," ujar Husni.

 

Husni mengakui bahwa untuk penyelenggaraan seluruh Pemilu nasional berpotensi menimbulkan penggugatan dari berbagai pihak. "Jadi tidak ada yang beda dengan Lampung,” ulasnya.

 

Sementara itu, Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay mengaku pelaksaan Pilkada Lampung yang berbarengan dengan Pemilu 2014 merupakan konsekuensi yang harus ditanggung KPU Lampung. Mereka pun dipastikan akan mengalami kesulitas seperti beban kerja yang bertambah.

 

"Jadi memang tidak mungkin jika mereka meminta honor tambahan. Tapi seberapa banyak? Itukan sesuatu yang harus dihitung lagi. Memang ada kerumitan tersendiri tetapi kami tidak mempunyai pilihan," kata Hadar.

 

Rencananya, pada Pemilu 9 April mendatang, setiap TPS disediakan lima kotak suara. Empat kotak pertama ditampung untuk caleg DPR, DPRD Provinsi, DPD, dan DPRD Kabupaten/kota. Sedangkan satu kotak suara untuk menampung suara cagub dan cawagub.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini