Share

Tak Registrasi Online, Status Mahasiswa Unsoed Akan Dicabut

Margaret Puspitarini, Okezone · Sabtu 19 Juli 2014 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 18 373 1014886 IUdyAUnPnV.jpg Tak Registrasi Online, Status Mahasiswa Unsoed Akan Dicabut (Ilustrasi Foto : Okezone)

JAKARTA - Dinyatakan lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014, sering membuat para calon mahasiswa terlena. Padahal, mereka masih harus melakukan rangkaian registrasi untuk resmi terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

Humas Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menyebut, para calon mahasiswa Unsoed yang diterima lewat jalur SBMPTN 2014 wajib untuk melakukan registrasi online. Untuk melakukan registrasi, lanjutnya, calon mahasiswa harus menggunakan ID user nomor SBMPTN.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

“Registrasi online dilaksanakan pada 5-8 Agustus melalui laman http://registrasi.unsoed.ac.id dengan menggunakan ID user nomor SBMPTN dan tanggal lahir,“ ungkap Wisnu, seperti dikutip dari laman Unsoed, Sabtu (19/7/2014).

Dia menambahkan, selain yang diterima melalui program Bidik Misi, seusai registrasi online, calon mahasiswa kemudian mencetak dari sistem registrasi online pernyataan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan. Selanjutnya, kata Wisnu, langsung melakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk, yakni BNI, Mandiri, BTN atau BRI.

"Selanjutnya login kembali ke laman http://registrasi.unsoed.ac.id untuk mencetak Nomor Induk Mahasiswa (NIM) sebagai bukti telah registrasi online. Bagi mereka yang diterima di Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, Kesehatan Masyarakat serta Ilmu Gizi wajib mengikuti psikotes dan tes kesehatan pada 6 Agustus di Kampus Kedokteran,“ paparnya.

Wisnu menegaskan, mereka yang telah dinyatakan diterima dan telah mengisi biodata online, wajib mendaftar ulang untuk verifikasi fisik dan berkas. Pada proses tersebut, tambahnya, para calon mahasiswa harus melakukannya sendiri bukan perwakilan.

“Ini tidak bisa diwakilkan. Bagi mereka yang diterima di kelompok IPA atau Saintek, registrasi dilaksanakan pada 12 Agustus 2014 dan yang diterima di kelompok IPS atau Soshum, registrasi berlangsung pada 13 Agustus. Keduanya di Gedung Auditorium Unsoed,“ tutur Wisnu.

Menurut Wisnu, berkas-berkas yang harus dibawa oleh para calon mahasiswa ketika proses registrasi dapat dilihat di laman http://registrasi.unsoed.ac.id. Dia mengingatkan, para calon mahasiswa harus mengisi dan memberikan data secara jujur. Sebab, jika terbukti memberikan keterangan palsu, status mahasiswa mereka bisa dicabut.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah status penerimaan sebagai mahasiswa Unsoed dinyatakan batal bila tidak melakukan registrasi online, verifikasi berkas, mengisi data palsu dan atau tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan. Termasuk memberikan keterangan palsu, baik saat mendaftar maupun pendaftaran ulang," tutupnya.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini