Image

Harga Ayam Kampung Menggila Jelang Lebaran

Syaiful Islam, Jurnalis · Minggu 20 Juli 2014, 17:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 07 20 521 1015437 iCI4O7lH7s.jpg Ayam Kampung (Dok Okezone)

BANGKALAN- Harga ayam kampung mengalami kenaikan signifikan di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, menjelang Hari Raya Idul Fitri 2014. Kondisi ini seperti yang terjadi di Pasar Tanah Merah.

Di sana harga ayam kampung menggila. Bila sebelumnya harga ayam kampung yang berukuran besar dipatok antara Rp70 ribu sampai Rp80 ribu per ekor. Kini, harganya mencapai Rp130 ribu sampai Rp150 ribu per ekor.

Sementara untuk ayam kampung yang berukuran sedang harganya dipatok Rp90 ribu sampai Rp100 ribu per ekor. Padahal, sebelumnya harganya hanya berkisar Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu per ekor.

Tak pelak, kondisi tersebut membuat masyarakat kelimpungan. Warga membeli ayam kampung untuk dimasak saat lebaran nanti. Itu dilakukan untuk dikonsumsi sendiri dan diantarkan kepada para tetangga, sebagai wujud syukur karena sudah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Salah seorang pedagang ayam kampung, Deman, menyatakan, pihaknya terpaksa menaikan harga jual ayam. Pasalnya, harga kulaan atau beli dari masyarakat sudah tinggi. Kemudian dirinya juga menaikkan harga ayam. Sebab, bila tidak dinaikkan juga, maka bakal merugi.

"Selain itu, tidak ada ayamnya. Sehingga membuat harga ayam semakin naik. Jika sudah begitu, maka hukum ekonomi yang berbicara. Artinya, harga ayam naik," papar Deman, Minggu (20/7/2014).

Sementara itu, salah seorang warga, M Mohtar, dirinya tetap membeli ayam, meskipun harganya mengalami kenaikan sangat signifikant. Jika tidak membeli ayam kampung, maka terancam tidak bisa merayakan lebaran dengan sempurna.

"Karena kalau lebaran identik dengan banyak makanan baik camilan maupun masakan ayam yang dimasak khas masyarakat madura. Jadi, kalau tidak ada masakan ayam sepertinya lebaran kurang lengkap. Ya meskipun mahal, tetap membeli ayam," terangnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini