Share

Masjid Ornamen Betawi Dibangun di Jakarta Barat

Angkasa Yudhistira, Okezone · Jum'at 26 September 2014 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 26 500 1045062

JAKARTA - Masjid Raya Jakarta di Jalan Daan Mogot, Kilometer 14, RW 14, Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, diresmikan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Jumat (26/8/2014).

 

Seusai meresmikan masjid, Jokowi mengatakan pentingnya adanya masjid di suatu wilayah di Jakarta. "Dalam sebuah kota modern enggak melulu soal ekonomi, harus ada keseimbangan dengan religiusnya," ujar Jokowi.

 

Alasan lainnya, keinginan membangun masjid di kawasan Jakarta Barat lantaran wilayah Jakarta lainnya sudah memiliki masjid raya, hanya Jakarta Barat yang belum.

 

Selain itu, mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan pembangunan masjid tersebut akan mengakomodir budaya betawi, tentu dalam arsitektur pembangunannya. "Memang dirancang berarsitektur Betawi. Yang paling penting jadi masjid yang makmur," kata Jokowi.

 

Masjid seluas 17,8 hektare itu diperkirakan mampu menampung 16 ribu jamaah dan tersedia tempat untuk usaha kecil menengah (UKM), serta perpustakaan. Untuk anggaran, Pemprov DKI mengeluarkan anggaran sekira Rp170 miliar.

 

Penyelesaian pembangunan tersebut diperkirakan selesai pada 2015 atau pertengahan 2016. "Semoga jadi masjid yang indah, dikelilingi hijau semua. Memang dirancang berarsitektur Betawi. Yang paling penting jadi masjid yang makmur," tandasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini