Ahok Ancam Gugat Pendemo Rasis

Angkasa Yudhistira, Okezone · Selasa 30 September 2014 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 30 500 1046308 LX1zpP8PtZ.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai gerah dengan aksi unjuk rasa yang kerap terjadi di Balai Kota. Seperti saat Front Pembela Islam (FPI) mendemo menolak Ahok sebagai Gubernur DKI menggantikan Joko Widodo.

"Ya kalau dia macam-macam, demo-demo terus kita gugat dong, kita cari otaknya, yang bayarnya siapa. Kan kita punya intel, cari tahu aliran dana dari siapa, cash-nya dari siapa. Siapa yang ambil duit. Kita kerjain. Kasih pelajaran politik dong," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Namun, Ahok enggan dikatakan anti demokrasi bila melarang aksi unjuk rasa. Unjuk rasa, kata Ahok, sah-sah saja dilakukan, asal tidak menggunakan kalimat-kalimat-kalimat yang menyinggung SARA.

"Kamu mau demo boleh, saya enggak menggugat Anda demo, tapi kalau Anda menggunakan kata-kata rasis segala macam, itu ada Undang-undang anti diskriminasi, Anda kena. Jadi bukan demonya. Demo mah aku kasih terus," cetus Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, demonstrasi juga sebaiknya tidak dibarengi dengan aksi anarkistis. Sebab, jika muncul tindakan anarki pada saat demonstrasi berlangsung akan ada tindakan tegas dari kepolisian.

"Wakapolda udah bilang kita sepakat, Anda demo, kita persuasif, anda sedikit anarkistis pakai senjata, kita tembak pakai peluru karet. Kalau masih nekat, protapnya tembak pakai peluru tajam. Termasuk nyerang sini pakai golok, ya kita hajar. Ada aturannya, protapnya," tandasnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini