nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Berapi di Pulau Terpencil Jepang Meletus

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2015 09:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 29 18 1157110 gunung-berapi-di-pulau-terpencil-jepang-meletus-O2QJ37mjR0.jpg Ilustrasi gunung meletus. (Foto: Shutterstock)

TOKYO – Sebuah gunung berapi yang terletak di pulau terpencil bagian selatan Kuchinoerabuji, Jepang, tiba-tiba meletus pada hari ini. Ledakan itu membuat Pemerintah Jepang berencana mengevakuasi warga yang ada di sana.

Seperti dilaporkan NHK, Jumat (29/5/2015), sebuah aliran gas superpanas dan bebatuan mengalir di sisi puncak gunung berapi tersebut. Belum diketahui apakah ada korban dari pulau yang dihuni 150 warga tersebut.

Pulau tersebut terletak di 160 kilometer (100 mil) sebelah selatan pembangkit nuklir Kyushu Electric Power di Sendai, pulau utama Kyushu, Jepang.

Tidak jelas apakah letusan gunung berapi tersebut akan memengaruhi rencana perusahaan listrik untuk me-restart pabrik pembangkit nuklir di sana.

Jepang adalah salah satu negara yang paling aktif seismiknya di dunia dan telah terjadi kenaikan aktivitas gunung berapi dalam beberapa pekan terakhir.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini