nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulusan Akmil Terbaik Berasal dari Gunungkidul

Markus Yuwono, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2015 06:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 29 510 1186978 lulusan-akmil-terbaik-berasal-dari-gunungkidul-w9JiXEjMfb.jpg Akademi Militer (Foto: ist).

YOGYAKARTA - Lulusan terbaik taruna akademi militer (Akmil) Magelang tahun 2015, Angger Pandu Yudha, berasal dari desa yang berada di pelosok Gunungkidul, DIY, tepatnya di Dusun Watu Gilang, Desa Mulusan, Paliyan. Dengan tekad yang besar ia mampu menembus jenjang pendidikan bergengsi tersebut.

"Saya bangga, dan semoga dia tidak merasa di atas angin," kata ayah Angger Iswandi saat dihubungi melalui telepon selulernya pada Selasa 28 Juli 2015.

Pria yang berprofesi sebagai guru di SD Paliyan II menceritakan awalnya Iswandi dan istrinya Dwi Supriyanti berkeinginan memiliki anak seorang anggota TNI sehingga menamakan anak ketiga dari empat bersaudara itu Angger Pandu Yudha.

"Memang sejak awal kami berkeinginan Angger menjadi anggota TNI," ungkapnya.

Ia mengatakan, sejak pindah dari Jambi pada 2006, dirinya bekerja di gunungkidul sementara istrinya berprofesi sebagai guru SDLB di wilayah Playen. Saat itu, Angger langsung meneruskan sekolah di SMP 1 Wonosari. Prestasi Angger diketahui menigkat sejak kelas 2 SMP.

Angger mengikuti perlombaan pelajaran matematika dengan pendampingan dari UGM. Ia mendapatkan medali perunggu dalam olimpiade Fisika. Prestasi ini menjadikan dirinya diperhatikan oleh SMA Taruna Nusantara untuk merekrutnya.

Kemudian melalui beasiswa KASAD, Angger akhirnya melanjutkan studi di SMA Taruna Nusantara Magelang. "Lulus dari SMA Taruna, Angger mendaftar ke UGM dan Akmil. Keduanya diterima, dan Angger memilih Akmil," kata Iswandi

Dia menceritakan, penghargaan Abdi Makayasa yang diterima oleh Angger akan diserahkan oleh presiden Joko Widodo pada kamis 30 Juli 2015 di Akpol Semarang. "Malam ini saya harus tiba di semarang," katanya.

Iswandi berharap meski menjadi yang terbaik, putranya tidak menjadi sombong, dan tetap rajin beribadah. "saya berharap Angger tidak sombong dan rajin beribadah," pungkasnya. (fal)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini