Diduga Istana Emas Rusia yang Dicuri Nazi Ditemukan di Bawah Tanah

Silviana Dharma, Okezone · Senin 25 April 2016 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 24 18 1371376 diduga-istana-emas-rusia-yang-dicuri-nazi-ditemukan-di-bawah-tanah-mhzHdXcZ7U.jpg Istana Catherina yang dicuri Nazi pada PD II. (Foto: Getty Images)

MAMERKI – Seorang sejarawan Polandia, Bartlomiej Plebanczyk, menemukan sebuah lokasi tersembunyi peninggalan Perang Dunia II (PD II) di bawah tanah Polandia. Diduga, ruang itu adalah kamar terbuat dari emas yang dicuri Nazi dari Rusia pada 1941.

Sang kurator museum semakin teryakinkan, karena lokasi penemuannya berada di kompleks bunker atau lubang perlindungan tentara Jerman pada masa PD II.

“Sekarang kami sedang dalam proses meminta perizinan dari otoritas setempat untuk mengebor ke dalamnya dan menurunkan kamera video guna memeriksa isinya,” ujar Plebanczyk, seperti dilansir dari UPI, Senin (25/4/2016).

Jika benar Amber Room yang ditemukan Plebanczyk adalah Istana Catherina berlapis emas dan permata yang telah lama hilang, para ahli menaksir harga jualnya bisa mencapai USD504,1 juta atau Rp6,655 triliun.

Alkisah, kamar berlapis emas tersebut aslinya merupakan hadiah untuk Tsar Rusia pada abad ke-18. Istana itu diyakini pernah menjadi ikon keajaiban dunia ke-8. Namun, bangunan megah itu tiba-tiba menghilang tanpa jejak setelah PD II. Banyak orang berasumsi, istana itu sudah hancur diamuk ledakan bom.

“Kalaupun ternyata kamar itu bukan Amber Room yang dimaksud, maka mungkin kami bisa menemukan harta karun lainnya,” kata Wakil Wali Kota Mamerki Andrejz Lachowicz.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini