nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ABG Inggris Menyongsong Rekor Berlayar Keliling Kutub Utara

Randy Wirayudha, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2016 19:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 07 22 18 1444513 abg-inggris-menyongsong-rekor-berlayar-keliling-kutub-utara-Nl6yFMmMov.jpg Benji Edwards, pemuda 14 tahun Inggris dalam perjalanan berlayar mengelilingi Kutub Utara (Foto: act4addenbrookes.org.uk)

MURMANSK – Dengan beberapa orang kru, Benji Edwards memupuk semangatnya untuk memecahkan rekor jadi manusia termuda yang mengelilingi Kutub Utara dengan kapal layar.

Benji, ABG (anak baru gede) asal Cambridge, Inggris terssebut saat ini memaparkan bahwa dia baru saja tiba di Murmansk, Rusia, yang dijadikannya “pit stop” pertamanya, sebagaimana yang dikisahkannya kepada ITV News, Jumat (22/7/2016).

Selain dalam rangka memecahkan rekor dunia, pemuda Inggris berusia 14 tahun itu juga mengaku ingin sekaligus mendulang dana amal dengan perjalanannya ini.

Benji pertama kali lepas sauh dan berlayar dari Bristo, Inggris pada 19 Juni 2016 lalu. Dengan mencanangkan jadwal perjalanan empat bulan dengan empat pit stop, saat ini Benji sudah merampungkan leg pertamanya dan bersandar di Murmansk.

Dari Murmansk, Benji direncanakan akan mengambil jalur menuju Point Barrow, Alaska (Amerika Serikat), kemudian ke Iqabuit di Pulau Baffin (Kanada) dan terakhir dari Pulau Baffin pulang menuju Bristol lagi.

Berikut paparan laporan Benji yang diungkapkan ITV News mengenai perjalanannya:

Maaf sudah beberapa lama saya tidak menuliskan (laporan), kondisi saya sangat sibuk. Sekarang saya ada di Murmansk, Rusia. Kami sudah melakukan briefing keselamatan sekira pukul 12 siang dan baru pergi lagi sekira pukul enam petang karena petugas imigrasi (Rusia) membuat kami berjanji untuk tidak menyelundupkan vodka.

Dalam perjalanan dari Murmansk, kami melewati dermaga yang terdapat sejumlah kapal-kapal (perang) nuklir Rusia, Armada Atom. Rusia diketahui memiliki beberapa pelabuhan yang jadi tempat bersandar kapal-kapal nuklir. Satu-satunya yang saya tahu hanya di Murmansk dan satu pelabuhan lain di Laut Hitam.

Siang ini saya melihat keluar dan melihat laut seperti kaca. Perlayaran kami begitu mulus tanpa angin. Kami juga sempat melihat sepasang lumba-lumba. Saat ini tidak ada dari kami yang sakit dan saya mengatakan itu hal yang bagus.

Saat ini kemi menuju ujung paling utara dari pulau yang saya panjang. Pulau yang namanya tidak bisa saya ingat. Dan setelah itu, semoga kami bisa segera melihat es (Kutub Utara). Jika kami beruntung, mungkin hanya akan membutuhkan kurang dari 25 hari.

Kami berusaha berlayar dengan cepat dan saya masih harus bertugas jaga (di dek kapal). Jadi, sampai nanti. Saya akan menuliskan laporan lagi besok,”.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini