Share

Obrolan Hangat Presiden Jokowi dan Duterte di Beranda Istana

Reni Lestari, Okezone · Jum'at 09 September 2016 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 09 18 1485782 obrolan-hangat-presiden-jokowi-dan-duterte-di-beranda-istana-b705FP9Ksq.jpg Presiden RI Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Istana Negara. (Foto: Reni L/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut hangat kunjungan Presiden Filipina Rodrigo Duterte hari ini, Jumat (9/9/2016). Dimulai dengan upacara penyambutan yang dimulai dari lapangan Monas hingga halaman Istana Merdeka, Jokowi pun mengajak Duterte berbincang di beranda belakang.

Sambutan veranda talk ini tidak melulu dilakukan Jokowi saat menyambut tamu negara. Hanya pemimpin negara dengan hubungan dekatlah yang diajak berbincang di beranda belakang Istana oleh Jokowi. Veranda talk sebelumnya dilakukan Jokowi saat menjamu Ratu Belanda Maxima beberapa waktu lalu.

Sebelum melangsungkan pertemuan kenegaraan ini, Duterte telah lebih dulu menyapa komunitas Filipina di Indonesia, berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan dilanjutkan dengan blusukan ke Pasar Tanah Abang ditemani Jokowi.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sejumlah isu penting akan muncul dalam pertemuan kenegaran antara Jokowi dengan Duterte. Dua pokok pembicaraan yang dipastikan muncul yakni terkait sandera WNI di Filipina dan jamaah haji yang memakai paspor palsu.

"Salah satu isu, seringnya adanya pembajakan terhadap warga kita, dan itu menyangkut keamanan bersama. Yang kedua tentunya menyangkut yang kemarin menimpa beberapa warga kita yang berangkat haji menggunakan kuota dari Filipina," kata Pramono.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini