Share

Menlu Selandia Baru Akui Pesona Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Silviana Dharma, Okezone · Kamis 24 November 2016 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 24 18 1549813 menlu-selandia-baru-akui-pesona-presiden-filipina-rodrigo-duterte-mc4NPvn7Z0.jpg Pertemuan singkat Presiden Filipina Duterte dan Menlu Selbar McCully di Auckland. (Foto: dok. Malacanang)

AUCKLAND – Kebanyakan orang mengenal Presiden Filipina Rodrigo Duterte sebagai pribadi yang bermulut kasar dan tajam. Majalah Time bahkan pernah menjulukinya ‘The Punisher’ yang berarti ‘Si Penghukum’.

Julukan itu jelas tidak salah, mengingat ketegasannya dalam menegakkan hukum di Filipina. Buktinya selama 22 tahun menjadi Wali Kota Davao, kota itu menjadi yang teraman dibandingkan kawasan lain di negaranya.

Namun begitu, jika mengenalnya lebih dalam, ternyata Duterte juga punya sisi lain yang memesona. Hal tersebut diutarakan Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Murray McCully. Dia menemukan karakter menarik Digong –julukan Duterte- saat bertemu secara tidak resmi dengan yang bersangkutan di Hotel Langham, Auckland.

Duterte kala itu mampir ke Selandia Baru, usai menghadiri KTT APEC di Lima, Peru. Ia tiba pada Selasa 22 November dan menginap semalam sebelum bertolak kembali ke Manila.

“Kami membicarakan segala hal. Saya tidak akan mengungkapkan obrolan pribadi kami, tetapi yang pasti kami membahas banyak isu secara luas. Dari situ, saya melihat sang presiden ternyata sosok yang kasar, tetapi secara bersamaan juga hangat, sopan dan agak menawan,” akunya, seperti disitat Russia Today, Kamis (24/11/2016).

Sepanjang obrolan santai tetapi serius itu, McCully tidak menyangka bahwa Duterte menyenangkan untuk jadi teman bicara. Meskipun seorang kepala negara, dia sangat terbuka membahas isu sensitif, seperti sengketa antara China dan Filipina di Laut China Selatan.

“Dia memiliki karakter yang sangat menarik dan tidak sulit mendiskusikan isu-isu yang sifatnya sensitif dengan dia. Faktanya, dia justru senang membahas isu-isu sensitif itu,” sambungnya.

McCully juga menyanjung sikap Duterte yang tidak bertele-tele. “Pandangannya cukup tegas dan dia mampu mengungkapkannya dengan penuh warna,” catatnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini