nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi dan Duterte, Sesama Walikota Jadi Presiden

Silviana Dharma, Jurnalis · Jum'at 09 September 2016 20:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 09 18 1486047 jokowi-dan-duterte-sesama-walikota-jadi-presiden-o7MvEoRfLu.jpg Pertemuan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Reni Lestari/Okezone)

JAKARTA – Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi secara khusus oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Dalam bincang-bincang hangat di Istana, Presiden RI Joko Widodo merasa memiliki kedekatan tersendiri dengan pemimpin berjuluk The Punisher tersebut.

Persamaannya antara lain, dilihat dari kariernya. Baik Jokowi maupun Rodi, sama-sama pernah menapaki jabatan sebagai Wali Kota terlebih dulu. Jokowi menjadi Wali Kota Solo selama dua periode dan Duterte berkuasa di Davao selama 22 tahun.

“Sebagai sesama mantan wali kota yang kemudian menjadi presiden, saya melihat kita punya kesamaan. Kita sama-sama ingin berada di tengah rakyat, tidak terlalu kaku dengan masalah protokol yang kadang-kadang merepotkan staf-staf dan pasukan pengamanan presiden (paspampres),” imbuh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (9/9/2016).

Jika dicari-cari lagi, Indonesia dan Filipina juga memiliki banyak persamaan. Terutama dari segi geografis dan demografis, antara lain sama-sama negara kepulauan, pernah dijajah bangsa Eropa dan terletak di kawasan Asia Tenggara. Dalam hal tata kelola pemerintahan, kedua presiden sama-sama tak gentar menjalankan kebijakan hukuman mati yang ditentang PBB dan banyak negara barat.

Selain itu, kedua negara saat ini menetapkan status darurat narkoba. Meskipun langkah pemberantasan narkoba yang dilakukan pemerintah Indonesia dengan bantuan Badan Narkotika Nasional (BNN), tidak seekstrem yang diterapkan Duterte di Filipina.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini