Ini Ucapan Duka Presiden Jokowi saat Melayat Raja Thailand

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 26 Oktober 2016 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 26 18 1524889 ini-ucapan-duka-presiden-jokowi-saat-melayat-raja-thailand-tsca0G6fg1.jpg Presiden Jokowi menandatangani Buku Duka Cita Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok. (Foto: Dok. Kemlu)

BANGKOK – Saat mengunjungi Bangkok, Thailand, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyampaikan penghormatan terakhir kepada mendiang Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej. Raja yang berkuasa 70 tahun itu meninggal dunia pada 13 Oktober 2016.

Kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan di Bandara Udara Don Muaeng Bangkok, disambut Menteri Pariwisata Thailand, Mrs. Kobkarn Wattanavrangkul, dan Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi beserta istri. Kunjungan duka cita Presiden Jokowi ini memang telah ditunggu khalayak ramai di Thailand. Terlihat dalam sepekan terakhir, media massa Thailand telah ramai memberitakan kedatangan RI 1.

Penghormatan dilakukan pada Selasa 25 Oktober pukul 14.15 waktu Bangkok di Dusit Maha Prasat Throne Hall, Grand Palace, Istana Raja Thailand, tempat jenazah mendiang Raja Bhumibol Adulyadej disemayamkan. Prosesi penghormatan terdiri dari doa, peletakan karangan bunga dan penandatanganan Buku Duka Cita di Main Hall, Bureau of Royal Household, Grand Palace, yang berjarak sekira 100 meter dari tempat penghormatan terakhir.

Dinukil dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (26/10/2016), mewakili rakyat dan Pemerintah Indonesia, Presiden Jokowi menuliskan rasa kehilangan atas meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej serta doa bagi sang raja di Buku Duka Cita. Sumbangan Raja Bhumibol terhadap persatuan, perdamaian dan kesejahteraan Thailand serta kebijaksanaan dan kepemimpinannya akan selalu dikenang.

Sebelum meninggalkan Bangkok, pada hari yang sama, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menyempatkan berkunjung ke Wisma Indonesia untuk bersua dengan sebagian rakyat Indonesia yang berada di ibu kota Negeri Gajah Putih itu.

“Kunjungan tersebut memang menandakan eratnya persahabatan antara pemerintah dan rakyat kedua negara baik dalam kerangka bilateral maupun sebagai bagian dari Masyarakat ASEAN,” ujar Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini