nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beri Penghormatan Terakhir untuk Raja Bhumibol, Raja Bhutan Datang ke Thailand

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 27 Oktober 2017 03:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 27 18 1803269 beri-penghormatan-terakhir-untuk-raja-bhumibol-raja-bhutan-datang-ke-thailand-uHquMy11MI.jpg Raja Bhutan saat menggelar doa khusus untuk Raja Bhumibol di negaranya. (Foto: Asia One)

BANGKOK – Prosesi kremasi Raja Bhumibhol Adulyadej tak hanya menyedot perhatian dari masyarakat Thailand. Para pemimpin dari berbagai negara juga berbondong-bondong datang ke tempat kremasi untuk memberikan penghormatan terakhir kepadanya.

Sebagaimana diwartakan Asia One, Jumat (27/10/2017), pasangan dari kerajaan Bhutan, Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dan Ratu Jetsun Pema Wangchuck, juga datang ke Thailand untuk menyaksikan langsung prosesi kremasi Raja Bhumibol. Kedatangan mereka disambut oleh Penasihat Umum Surayud Chulanont dan Menteri Energi Anantaporn Kanjanarat.

BACA JUGA: Beri Penghormatan Terakhir ke Raja Bhumibol Adulyadej, Megawati Terbang ke Thailand Wakili Indonesia

Keluarga Kerajaan Thailand memang diketahui berhubungan dekat dengan Kerajaan Bhutan. Tahun lalu, Raja Jigme juga pernah mengunjungi Bangkok. Ia datang beberapa hari setelah Raja Bhumibol meninggal dunia.

“Mengingat warisan spiritual dan hubungan baik kita antara kedua kerajaan, Yang Mulia Raja dan Yang Mulia Gyaltsuen akan pergi ke Thailand hari ini untuk memberikan penghormatan yang terakhir kalinya kepada Yang Mulia Raja Bhumibol dan menghadiri perayaan kerajaan,” jelas pihak Kerajaan Bhutan.

Selain melakukan penghormatan langsung kepada Raja Bhumibol, Raja Bhutan juga menggelar doa-doa khusus di negaranya. Acara itu akan dilaksanakan pada hari yang sama dengan upacara kremasi kerajaan.

BACA JUGA: Wow! Puluhan Raja Akan Beri Penghormatan Terakhir untuk Raja Bhumibol Thailand

Acara akan dilakukan di Kuenselphodrang. Doa khusus yang dipanjatkan selama satu hari akan dipimpin oleh Yang Mulia Je Khenpo. Upacara doa dihadiri oleh anggota keluarga kerajaan, pejabat pemerintah senior, korps diplomatik, masyarakat Thailand yang tinggal di Bhutan, serta masyarakat umum.

Di akun Facebook pribadinya, Raja Jigme mengatakan bahwa Raja Bhumibol dari Thailand dipuja sebagai raja visioner, tidak hanya di Thailand tapi juga di seluruh dunia. Cinta dan kasih sayang Raja Bhumibol terhadap seluruh warga Thailand diwujudkan dengan membuat sekira 4.000 pembangunan di desa-desa.

“Dalam pencapaian seumur hidup, Yang Mulia, mewariskan kebahagiaan penglihatan, dan kepribadian tanpa akhir. Raja Bhumibol akan tetap menjadi ciri khas kepemimpinan dan suara integritas bagi generasi yang akan datang,” tuturnya.

BACA JUGA: Kabinet Jepang Minta Pangeran Akishino Hadiri Kremasi Raja Thailand

Pembangunan yang dilakukan Raja Bhumibol telah menjadi yang terdepan dalam hal inovasi. Tak hanya itu, dengan program tersebut, jutaan orang Thailand juga merasakan manfaatnya hingga hari ini.

Dalam lawatannya tersebut, pasangan dari Kerajaan Bhutan itu tak sendirian. Mereka juga membawa putra kesayangannya. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini