Sering Kecelakaan, Maskapai Penerbangan Taiwan Transasia Tutup

Silviana Dharma, Okezone · Selasa 22 November 2016 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 22 18 1548549 sering-kecelakaan-maskapai-penerbangan-taiwan-transasia-tutup-2UgKdfLw4J.jpg Ilustrasi. Pesawat Transasia. (Foto: EPA)

TAIPEI – Gara-gara dua kecelakaan fatal, maskapai penerbangan terbesar ketiga di Taiwan, Transasia ditutup. Pihak perusahaan menegaskan kedua tragedi tersebut telah membawa kerugian besar baik secara moral maupun finansial.

Diwartakan BBC, Selasa (22/11/2016), pada awal tahun pemerintah telah meminta protokol keselamatan dan pelatihan pilot Transasia diperiksa untuk meminimalisir risiko kecelakaan dalam penerbangan. Namun semua itu tidak membantu meningkatkan daya jualnya.

“Menutup perusahaan ini adalah pilihan yang sangat menyakitkan,” kata Kepala Eksekutif Transasia, Daniel Liu. Pesawat Transasia diketahui melayani rute penerbangan ke China, Jepang dan negara Asia Tenggara.

Seluruh rute penerbangan Transasia juga sudah dibatalkan sejak Senin 21 November. Penumpang yang sudah terlanjur memesan dipastikan akan mendapat kembali uangnya. Sementara nasib 1.700 pegawainya belum jelas.

Kecelakaan besar pertama yang membuat perusahaan penerbangan ini akhirnya bangkrut terjadi pada Juli 2014. Transasia dengan nomor penerbangan 222 terhantam cuaca buruk dekat Bandara Magong di Pulau Penghu, Taiwan. Korban tewas mencapai 48 orang dan 10 lainnya selamat.

Tragedi serupa berulang pada Februari 2015. Transasia bernomor penerbangan 235 menabrak sebuah jembatan di Taipei dan terjatuh ke Sungai Keelung. Kejadian ini menewaskan 43 orang.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini