Beroperasi Tanpa Izin, 6 Unit GrabCar di Medan Ditertibkan

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 29 November 2016 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 29 340 1554559 beroperasi-tanpa-izin-6-unit-grabcar-di-medan-ditertibkan-PSln6n0Q5O.jpg

MEDAN – Tim gabungan Dinas Perhubungan Kota Medan, Satpol PP Kota Medan bersama Satlantas Polrestabes Medan, Reskrim Polrestabes Medan dan Organda Unit Taksi Kota Medan , melakukan penindakan terhadap 6 unit mobil pribadi yang dijadikan taksi online.

Keenam unit mobil pribadi yang masuk dalam GrabCar tersebut ditangkap dari seputaran Lapangan Merdeka dan Jalan Gatot Subroto Medan, Selasa (29/11/2016).

Keenam unit mobil tersebut berjenis sedan dan minibus dengan nomor polisi BK 2175 FB, BK 1462 OO, B 1611 EOD, BK 1039 UG, BK 1027 ZW dan BK 1920 UR. Mobil tersebut ditindak karena beroperasi tanpa izin dan digunakan tidak sesuai dengan fungsi atau peruntukannya.

Saat diamankan, para pengemudi hanya bisa pasrah dan tidak dapat berkelit karena kedapatan tengah mengutip bayaran dari penumpang yang diangkut. STNK keenam taksi online tersebut langsung ditilang.

Kadis Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat mengatakan, keenam taksi online yang ditertibkan tersebut merupakan taksi online GrabCar. “Kita bukan melarang ada taksi online. Yang kita larang karena mereka beroperasi tanpa izin,” ujar Renward.

Renward menjelaskan, Pemerintah Kota Medan pada dasarnya terbuka dengan kehadiran taksi online. Akan tetapi, mereka yang beroperasi tetap harus berizin. Di samping itu kendaraan yang digunakan sebagai taksi juga harus lulus pengujian untuk memastikan telah sesuai dengan persyaratan teknis dan laik jalan.

“Pengoperasian taksi online itu juga harus dilengkapi dengan izin usaha. Untuk mendapatkan izin usaha itu tentunya harus dilengkapi  dengan sejumlah persyaratan pendukung seperti izin gangguan (HO), surat izin tempat usaha (SITU) dan tanda daftar perusahaan (TDP). Setelah kita cek langsung ke Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Medan, ternyata mereka tidak ada,” tutupnya.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini