Trump & Abe Sepakati Kerjasama Bilateral dari Perdagangan hingga Pertahanan

Silviana Dharma, Okezone · Sabtu 11 Februari 2017 04:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 11 18 1615566 trump-abe-sepakati-kerjasama-bilateral-dari-perdagangan-hingga-pertahanan-ya1DCIGq3e.jpg Trump dan Abe gelar konferensi pers di Gedung Putih. (Foto: Jim Lo Scalzo/EPA)

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjamu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Gedung Putih. Diskusi bilateral berlangsung tertutup, tetapi keduanya menggelar konferensi pers gabungan di East Room pada Jumat 10 Februari 2017 pukul 13.00 waktu setempat.

Trump sambut hangat Abe di Gedung Putih. (Foto: Mandel Ngan/AFP)

Selaku tuan rumah, Trump berdiri di balik podium membuka konferensi pers. Kepada awak media, pria berdarah Skotlandia-Jerman tersebut menyampaikan pertemuan hari ini telah memperdalam kemitraan antara AS dan Jepang.

Melansir CBS News, Sabtu (11/2/2017), Trump juga menyatakan bahwa pemerintahnya akan berkomitmen menjalin persahabatan yang lebih erat dengan Jepang pada masa mendatang. Termasuk berkomitmen menjalin kerjasama keamanan dan pertahanan di Jepang, serta memperkuat ikatan persekutuan yang amat sangat penting di antara kedua negara.

Presiden Trump menggambarkan hubungan kedua negara berlandaskan pada perdamaian dan stabilitas di kawasan Pasifik. Ia berjanji akan meningkatkan nilai perdagangan dengan negosiasi yang adil, bebas dan resiprokal atau saling menguntungkan. Keduanya juga sepakat bekerja sama menangkal ancaman serangan nuklir dari Korea Utara.

Di sisi lain, Abe mengungkapkan, kalau dirinya sudah mempertanyakan kepada Trump soal pembatalan keanggotaan AS di Trans-Pacific Partnership (TPP). Konsisten dengan ucapannya selama kampanye, Trump menjawab punya strategi negosiasi perdagangan yang lebih baik dari itu.

Dia meyakinkan akan tetap melanjutkan pengembangan dan pertumbuhan dagang di Asia. Dengan jalan membuat pengaturan baru yang sesuai dengan rezim perdagangan bebas.

PM Jepang Shinzo Abe bersama istrinya, Akie Abe tiba di Negeri Paman Sam pada Kamis 9 Februari malam waktu setempat. Rombongan Negeri Matahari Terbit menyambangi Kantor Kepresidenan AS keesokan harinya.

Konferensi pers di Gedung Putih berlanjut dengan agenda makan siang bersama. Seperti diberitakan sebelum ini, Trump dan Abe setelahnya, pada Sabtu 11 Februari juga akan berangkat ke Mar-a-Lago di Florida untuk memenuhi janji main golf bersama.

Keduanya bak mengulang sejarah, karena kakek Abe yang juga pernah menjabat PM Jepang pernah menantang main golf Presiden ke-34 AS Dwight Eisenhower di Maryland. Kini, diplomasi golf itu seolah dilanjutkan oleh Abe dengan beradu pukulan di lapangan hijau milik Trump pribadi.

Ia juga akan menjadi pejabat asing pertama yang dibiarkan menginap gratis di villa supermahal tersebut. Keduanya pertama kali bertemu di Trump Tower pada November 2016, tak lama setelah Trump dinyatakan menang Pilpres AS.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini