nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liga Arab Ingin Yerusalem Timur Jadi Ibu Kota Negara Palestina

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 31 Maret 2017 11:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 31 18 1655258 liga-arab-ingin-yerusalem-timur-jadi-ibu-kota-negara-palestina-SaBUQmpODJ.jpg Para pemimpin negara-negara Arab berfoto pada KTT Liga Arab Ke-28 di Laut Mati, Yordania. (Foto: Reuters)

LAUT MATI – Para pemimpin negara-negara Arab sepakat untuk mendukung Solusi Dua Negara sebagai penyelesaian konflik antara Israel dan Palestina dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab ke-28 di Laut Mati, Yordania. Pernyataan penutup KTT itu juga menyebutkan bahwa dunia Arab siap untuk berdamai jika Israel menarik diri dari wilayah yang mereka caplok pada perang 1967.

“Israel terus menerus memperluas pemukiman dan merusak kesempatan untuk mencapai perdamaian. Tidak akan ada perdamaian atau stabilitas di kawasan tanpa adanya solusi yang adil dan komprehensif bagi rakyat Palestina melalui Solusi Dua Negara,” kata Raja Yordania, Abdullah II yang menjadi tuan rumah KTT sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (31/3/2017).

Palestina dan negara-negara Arab menginginkan Yerusalem Timur yang direbut Israel pada 1967 dan kemudian dicaplok sebagai ibu kota Negara Palestina. Wilayah Palestina yang berdaulat itu nantinya akan meliputi Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Raja Abdullah juga memperingatkan Israel bahwa setiap tindakan sepihak yang dilakukan Negara Zionis itu untuk mengubah status quo di Masjid Al Aqsa akan berdampak serius dan akan memiliki konsekuensi pada masa depan kawasan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini