Image

Wapres Pence: Kunjungan ke Indonesia Kukuhkan Kemitraan Strategis dengan AS

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis, 20 April 2017 - 11:48 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wapres AS Mike Pence di Istana Merdeka, Kamis 20 April 2017. (Foto: Reuters) Presiden Joko Widodo dan Wapres AS Mike Pence di Istana Merdeka, Kamis 20 April 2017. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu negara Asia yang dikunjungi Wapres AS Mike Pence. Hari ini, Wapres Pence pun menemui Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Usai penyambutan resmi dan perbincangan santai ala veranda talk, Presiden Jokowi dan Wapres Pence pun menyampaikan pernyataan bersama. Presiden Jokowi menyampaikan, hari ini ia menerima Wapres AS Mike Pence, namun sebelumnya telah berkomunikasi dengan Presiden Donald Trump.

"Dalam pertemuan ini kami membahas sejumlah isu bilateral maupun internasional. Kemitraan AS dengan Indonesia sendiri akan fokus pada kerjasama maupun investasi berdasarkan prinsip win-win solution," ujar Jokowi di Istana Negara, Kamis (20/3/2017).

Hal senada disampaikan Wapres AS Mike Pence. Ia menyebut, Presiden Trump mengirimnya ke Indonesia sebagai tanda tingginya penghargaan AS menempatkan kemitraan strategis dengan Indonesia.

"Hari ini, mewakili Presiden Trump, saya memiliki privilege untuk mengukuhkan kemitraan strategis antara AS dengan Indonesia. Di bawah pemerintahan Presiden Trump, AS dan Indonesia akan bekerja lebih erat untuk keuntungan bersama bagi negara kita, rakyat kita dan kawasan Asia Tenggara secara umumnya," ujar Pence.

Pence juga menambahkan, pemerintahan Presiden Trump bertekad mengukuhkan kemitraan perdagangan dengan Indonesia berdasarkan prinsip bebas dan adil. "Kami juga berupaya mengembangkan lapangan pekerjaan serta pertumbuhan ekonomi kedua negara," imbuh Pence.

Setelah melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Jokowi, pria berusia 57 tahun itu dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Wapres Jusuf Kalla sekira pukul 11.00 WIB. Siang harinya, sekira pukul 14.30 WIB, Wapres AS Mike Pence akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan mengadakan dialog lintas agama. Rangkaian kegiatan hari pertama Mike Pence di Tanah Air diakhiri dengan mengunjungi Sekretariat ASEAN di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Sebelum bertolak ke Australia pada Jumat 21 April 2017 siang, Wapres Mike Pence akan menghadiri pertemuan bisnis dan penandatanganan kerjasama ekonomi dan bisnis antara Indonesia dan Amerika Serikat di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, sekira pukul 07.30 WIB. 

(rfa)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming