Image

Disambut Anak-Anak Berpakaian Adat, Wapres AS: Ini Akan Menjadi Memori Sepanjang Hayat

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis, 20 April 2017 - 14:17 WIB
Wapres AS Mike Pence beserta istri, Karen, diterima Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, di Istana Merdeka, Kamis 20 April 2017. (Foto: Reuters) Wapres AS Mike Pence beserta istri, Karen, diterima Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, di Istana Merdeka, Kamis 20 April 2017. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Memberikan sambutan meriah kepada tamu negara telah menjadi tradisi di Indonesia. Begitu juga saat Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence ditemani istrinya, Karen, mengunjungi Istana Merdeka, Jakarta Pusat, hari ini. Kedatangan Wapres Pence disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Presiden Jokowi pun tampak berbincang dengan akrab bersama Wapres AS Mike Pence seraya berjalan menyusuri barisan anak-anak berpakaian adat yang menyambut orang nomor dua di Negeri Paman Sam itu. Di sela-sela momen ini, Jokowi memanggil beberapa anak yang menggunakan pakaian adat daerah untuk diperkenalkan kepada Pence.

Sambutan ini ternyata menjadi perhatian besar bagi Wapres AS Mike Pence. Bahkan, sambutan hari ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

"Terima kasih kepada Presiden Widodo sebagai tuan rumah hari ini. Terima kasih atas keramahtamahannya terhadap keluarga saya, penyambutan yang luar biasa dan berwarna warni, yang kami dapatkan dari semua anak pagi ini. Ini akan menjadi memori sepanjang hayat," tuturnya di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Wapres Pence pun menyampaikan salam dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk Presiden Jokowi. Kunjungan ini juga sekaligus sebagai apresiasi dari AS terhadap Indonesia yang telah berhasil menjaga perdamaian dan demokrasi.

"Ini adalah kesempatan yang istimewa bagi saya, berada di sini, di Indonesia. Ini Kunjungan saya yang pertama ke Indonesia, untuk merepresentasikan Presiden AS, Donald Trump, dan saya menyampaikan salamnya untuk Anda," ungkapnya.

Mike Pence merupakan pejabat tinggi AS pertama yang berkunjung ke Indonesia setelah pergantian presiden AS. Kunjungan ini pun diharapkan dapat berdampak positif bagi kedua negara.

"Sejak pemilihan pada November lalu. Saya menjadi orang pertama di Kabinet Trump yang berkunjung ke Asia Tenggara, dan Presiden (Trump) mengirim saya ke sini (Indonesia), menempatkan saya di sini, sebagai tanda atas penghargaan yang tinggi dari AS atas kemitraan yang strategis dengan Indonesia," ungkap Wapres Pence.

Kerjasama pun diharapkan dapat terjalin pada jangka panjang. Tak hanya kerjasama ekonomi, namun juga pada sektor lainnya seperti keamanan dan perdamaian.

"Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, kedua negara saling berbagi banyak nilai-nilai kesamaan. Termasuk kebebasan, aturan hukum, HAM, dan dan keberagaman yang religius. AS bangga bisa bermitra dengan Indonesia," tutupnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming