Image

Kuwait Tangkap 12 Terdakwa dalam Kasus Mata-mata Iran

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu, 12 Agustus 2017 - 16:38 WIB
Foto: Reuters Foto: Reuters

DUBAI – Pihak berwenang Kuwait telah menangkap 12 orang yang didakwa secara in absentia atas tuduhan melakukan tindakan mata-mata untuk Iran dan kelompok Hizbullah. Mereka yang ditangkap adalah para terdakwa yang telah disidangkan terkait kasus Sel Abdali dua tahun lalu.

"Kementerian dalam negeri mengumumkan bahwa dinas keamanan telah melakukan penangkapan terhadap 12 orang yang dijatuhi hukuman dalam kasus ‘Sel Abdali’ di berbagai wilayah," demikian pernyataan yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri Kuwait sebagaimana dikutip Reuters, Sabtu (12/8/2017).

Kuwait telah menuntut 25 warganya dan seorang warga Iran setelah ditemukannya senjata api dan bahan peledak dalam penggerebekan yang disebut dengan “Sel Abdali” pada 2015. Mereka dituduh berencana melakukan tindakan bermusuhan terhadap Kuwait.

Seorang di antara para terdakwa dijatuhi hukuman mati dan yang lainnya hukuman penjara. Namun, pada Juni lalu, Mahkamah Agung Kuwait membatalkan vonis mati tersebut, mengurangi masa hukuman bagi beberapa terdakwa, tetapi menambah hukuman untuk yang beberapa lainnya.

Setidaknya 14 orang terdakwa dalam kasus tersebut disidangkan secara in absentia, atau tanpa kehadiran di ruang pengadilan. Pihak berwenang Kuwait masih mencari dua terdakwa lainnya yang saat ini masih buron.

Iran telah membantah tuduhan yang menyebutkan negaranya memiliki hubungan dengan Sel Abdali. Tetapi, kasus tersebut sempat menimbulkan ketegangan baru antara Iran dan Kuwait.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming